Contoh makalah PROGRAM KERJA BENDAHARA | TEORI PENDIDIKAN


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Permasalahan
Pendidikan merupakan upaya terencana dan berkesinambungan yangdilakukan untuk mengembangkan kemampuan manusia agar menjadi manusia yangberkualitas. Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan nasional dalamUndang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 tahun 2003 bahwa pendidikan adalahusaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan prosespembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinyauntuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan , Pengendalian diri , kepribadian ,kecerdasan , akhlak mulia , serta keterampilan yang diperlukan dirinya ,masyarakat , bangsa dan negara (Bab I Ketentuan Umum Pasal 1 UU SPN No.20/2003).
Dalam rangka pencapain tujuan pendidikan nasional , maka dalam lembagapendidikan SMP negeri maupun swasta , dibentuk tata usaha. Tata Usaha terdiri daridua kata , yaitu “Tata” dan “Usaha” yang masing-masing kuranglebih mempunyai pengertian sebagai berikut Tata adalah suatu peraturanyang harus ditaati. , dan Usaha ialah suatu usaha dengan mengerahkantenaga , pikiran untuk mencapai suatu maksud. Jadi menurut arti kata , Tata Usahaadalah suatu aturan atau peraturan yang terdapat dalam suatu prosespenyelenggaraan kerja.
Sekolah sebagai sebuah sistem terdiri daribeberapa komponen yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi antara yangsatu dengan yang lainnya , salahsatunya tata usaha. Masa depansebuah sekolah sebagian besar ditentukan oleh orang-orang yang ada di sebuahlingkungan sekolah. Untuk meraih masa depan sekolah yang lebih baik , seyogyanyasetiap personalia sekolah saling bersinergi , bekerjasama dan sama-sama bekerjadengan penuh keikhlasan untuk mewujudkan masa depan sekolah yang lebih baik ,lebih mencerahkan dan lebih mencerdaskan kehidupan bangsa.
Penempatan pegawai tatausaha sekolah ke depan seharusnya benar-benar mempertimbangkan mutu , kemampuan ,kecakapan , atau keahlian yang memadai untuk melaksanakan tugas mereka dibidangnya masing-masing. Diharapkan ke depan pegawai tata usaha sekolah benar-benartenaga profesional di bidangnya , seperti profesional di bidang manajemenperpustakaan , profesional di bidang manajemen keuangan sekolah , profesional dibidang kearsipan , profesional di bidang teknologi informatika komputer.
SMP Negeri 1 Bantarkalong menunjukbeberapa orang staf tatausaha untuk menjadi pengelolamasing-masing bidang , salah satunya bidang bendahara. Penunjukantersebut berdasakan surat keputusan kepala sekolah dalam Rapat Program Kerja Sekolah pada awal tahun pelajaran.
Oleh karena itu , programkerja bendahara ini dibuatdan disusun untuk dijadikan sebagai pedoman , landasan kerja bagi staf tata usaha dalam rangka memberikanpelayanan yang terbaik dengan didasari rasa tanggung jawab kepada warga sekolah yang bersangkutan. Sehinggaseluruh warga sekolahtersebut merasa senang , nyaman dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

B. Landasan Pemikiran
Landasaan pemikiran yangdigunakan untuk penyusunan program kerja bendahara di SMP Negeri 1 Bantarkalong , antara lain:
1.      Undang-Undang Republik IndonesiaNomor  20 Tahun  2003   tentang  Sistem   Pendidikan  Nasional , Bab XI Pendidik dan TenagaKependidikan , pasal 30 sampai dengan pasal 44;
2.     Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
3.     Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RepublikIndonesia Nomor 129a/U/2004 tentang Standar Pelayanan Minimal BidangPendidikan;
4.     PeraturanMenteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan(PPPPTK);
5.     PeraturanBupati Tasikmalaya Nomor 38 Tahun 2009 tentang Susunan Organisasi dan TataKerja Unit Pelaksana Teknis Dinas Sekolah Menengah Pertama pada DinasPendidikan Kabupaten Tasikmalaya
6.     Hasil rapatdinas awal tahun SMP Negeri 1 Bantarkalong tanggal 12 Juli 2010

C. Maksud dan Tujuan
Program bendahara inidisusun dengan maksud dantujuan sebagai berikut :
1.     Memberikan pedoman untuk pengelola bendahara.
2.     Memberikan landasan kerja bagi bendahara dalam menjalankan tugasnya.
3.     Dapat menciptakan ketertiban dan kelancaran dalam pengelolaan administrasi di tata usaha.

D. Visi , Misi dan Tujuan SMP Negeri1 Bantarkalong
V I S I :
“MASYARAKAT BELAJAR YANGBERAKHLAK MULIA , CERDAS , KREATIF DAN KOMPETITIF”

M I S I :
  1. Menanamkan keyakinan terhadap Kebesaran Tuhan YME.
  2. Menanamkan budaya membaca.
  3. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan minat dan bakat peserta didik.

TUJUAN SEKOLAH
  1. Meningkatkan perilaku yang berakhlak mulia
  2. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan minat dan bakat peserta didik.
  3. Mengembangkan kepribadian manusia yang utuh bagi peserta didik.
  4. Memepersiapkan peserta didik sebagai bagian dari anggota masyarakat yang mandiri dan berguna.
  5. Memepersiapkan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan.

E. Tugas Pokok dan Fungsi Bendahara
Bendahara mempunyai tugas pokokmenerima , menyiapkan , membaar atau menyerahkan dan mempertanggungjawabkan uang dilingkungan Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Rincian tugas bendahara , terdiridari:
1.      Melaksanakan penatausahaan terhadapseluruh penerimaan dan penyetoran yang menjadi tanggung jawabnya.
2.      Mempertanggungjawabkan secaraadministratif dan fungsional atas pengelolaan uang yang menjadi tanggungjawabnya.
3.      Membukukan rekapitulasi penerimaan.
4.      Menyetorkan hasil penerimaan keuanganapabila ada yang harus disetorkan ke Bank yang telah ditunjuk.
5.      Membayar tagihan berdasarkan tanda buktipengeluaran serta dokumen-dokumen lainnya secara tertib dan teratur.
6.      Melaporkan pelaksanaan tugas kepada atasannya.
7.      Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuaiperintah atasan.


BAB II
PROGRAM KERJA BENDAHARA

A. Program Kerja Bendahara
Agar tercipta keadaan tatausaha yang aman , nyaman dan kondusif , langkah awal yang dikerjakan oleh bendahara adalahpemberesan , dan pengaturan di ruangtata usaha. Dari mulai posisi duduk , membentuk susunan organigram ,memberikan jadwal tata usaha ,menyampaikan beberapa informasi seputar lingkungan SMP Negeri 1 Bantarkalong.Memperkenalkan seluruh karyawan sekolah dari mulai Kepala Sekolah , Dewan Gurudan seluruh staf karyawan Tata Usaha. Secaraterperinci dapat dilihat pada tabel program kerja ,yang penyusun lampirkan pada halaman lampiran.

C. Struktur Organigram Bendahara
Demi lancarnya segala aktivitas yang terjadi di lingkungan bendahara , maka penting sekali adanyasusunan organigram yang ditunjuk oleh kepala tata usaha berdasarkan kesepakatan dan kesediaan staf tata usaha yang bersangkutan. Para pengurus tersebut merupakan wakil-wakil tata usaha dalam mengikuti kegiatan yang ada di tata usaha.
Adapun susunan pengurus/struktur organigram tata usaha dapat dilihat pada lampiran.

C. Denah Tempat Duduk Bendahara
Tempat duduk merupakan faktor penunjang keberhasilan program kerja di tata usaha. Tata usaha akan merasa nyaman , tenang dan semangat kalau seandainyadia duduk dan menempati kursi yang baik. Demitercapainya suasana tersebut , maka kepalatata usaha menentukan denah tempat duduk petugas bendahara. Denah tempat duduk bendahara dapat dilihat di halamanlampiran.

D. Jadwal Kerja Bendahara
Jadwal kerja bagi bendaharasangat penting dibuat untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan program.Hal ini memberikan pengalaman yang baru bagi bendahara. Jadwal kerja bendahara dapat dilihat dilampiran.

BAB III
P E N U T U P

A. Kesimpulan
Segala suatu tujuan yang akan kita laksanakan agar dapat mencapai hasilyang maksimal dan sukses , maka kita membutuhkan sistem atau acuan yang dikenaldengan nama POAK ( Planing , Organising , Akunting , Konseling )
Planing atau perencanaan merupakan faktor utama yang sangat menunjangkeberhasilan yang kita rencanakan. Salah satu unsur yang terkandung dalamplaning ini adalah Program Kerja. ProgramKerja yang kita buat dan kita susun merupakan suatu pedoman , landasan , arahanagar apa yang kita rencanakan tercapai. Kita akan bisa melaksanakan tugassesuai dengan yang tercantum pada Program Kerja.
Begitu pula dengan programkerja bendahara ini dibuat dan disusun agar dalammenjalankan tugas benar-benardapat diwujudkan. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap kelangsungan pengelolaan di tata usaha.

B.  S ar a n
Demi kelengkapan program kerja ini , penyusun sarankan kepada rekan- rekan staf tata usaha agar dapat membuat program kerja , sehingga langkah apa yang kitatempuh demi kemajuan kelas tersebut dapat tercapai dengan baik dan sukses. Mau dibawa kemana , mau bagimana suasana tata usaha yang kita pimpin , sayapikir kunci utama keberhasilan pengelolaansekolah ada pada tangan tatausaha.
                                                      
LEMBAR PENGESAHAN



Mengetahui ,                                                                Bantarkalong , 1 Juli 2010
Kepala Sekolah                                                           Bendahara


Drs. Zaenal Muttaqin ,M.Pd.                                                ___________________
NIP. 19610803 198303 1 010                                               NIP.

0 Response to "Contoh makalah PROGRAM KERJA BENDAHARA | TEORI PENDIDIKAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel