Cara Mengatasi Beban Mengajar Belum Linear di Info GTK



Info GTK merupakan halaman yang digunakan untuk memeriksa validasi data GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) yang sudah dilakukan sinkronisasi melalui aplikasi dapodik PAUD/dapodikdasmen. Bagi para guru diharuskan untuk sering-sering memeriksa Info GTK apalagi buat guru yang sudah PNS ataupun Sertifikasi karena ini sangat berpengaruh untuk pencairan Tunjangan Profesi nantinya. 
merupakan halaman yang digunakan untuk memeriksa validasi data GTK  Cara Mengatasi Beban Mengajar Belum Linear di Info GTK

Peran Operator sekolah sangat diperlukan apalagi berkaitan dengan Info GTK ini, dalam pengisian/entry data di dapodik rekan-rekan operator harus teliti dalam pengisiannya jangan sampai ada yang tertinggal karena akan berpengaruh terhadap hasil di Info GTK. 


Dalam beberapa hari ini terdapat kasus Jumlah Jam Mengajar, Jumlah Jam Linear, Jumlah Jam Linear + Tugas Tambahan  berwarna merah padahal belum beberapa lama di akses hasilnya valid, di check lagi kenapa hasilnya berubah menjadi belum valid. 


Kondisi ini seperti yang admin alami, dan apa yang admin lakukan. Admin mencoba memeriksa JJM guru tersebut dan rombel. Semuanya sudah sesuai dengan ketentuan. Admin tidak melakukan sinkroniasi ulang lagi karena untuk Info GTK Kepala Sekolah sudah Valid jadi admin tidak melakukan sinkron ulang. Selanjutnya admin mencoba menanyakan ke admin dinas, beliau mengatakan bisa jadi sistem lagi memproses data tersebut dan diminta untuk diakses kembali setelah 2 atau 3 hari. Hasilnya memang benar ternyata sistem tersebut sedang memproses data para guru dan sekarang Status Validasi Tunjangan Profesi guru sudah kembali Valid


Berikut ini admin informasikan beberapa permasalahan yang sering muncul di halaman Info GTK sehingga menyebabkan data belum Valid

merupakan halaman yang digunakan untuk memeriksa validasi data GTK  Cara Mengatasi Beban Mengajar Belum Linear di Info GTK


Pada saat halaman Info GTK di check dan Status Validasi Tunjanga Profesi Valid seperti gambar diatas, operator dan guru sudah bisa bernafas legah...ha...ha... ya, karena data yang sudah di inputkan operator sekolah semuanya sudah valid alias sah. Dan guru sekalian tinggal menunggu proses penerbitan SKTP nya lagi. 



Trus bagaimana kalau Status Validasi Tunjangan Profesinya Belum Valid atau masih ada kolom-kolom yang berwarna merah (menandakan data belum valid) seperti gambar diatas. Guru sekalian silahkan hubungi operator sekolah untuk diminta melakukan update data segera mungkin. 

Permasalahan yang Sering Muncul di InfoGTK:

Jumlah Jam Mengajar, Jumlah Jam Linear, Jumlah Jam Linear + Tugas Tambahan masih berwarna merah. 

Solusinya: Terdapat beberapa kemungkinan pada saat pengentrian data belum tepat. 

1)Jam Mengajar Guru (JJM)
Silahkan periksa jam pembelajaran guru caranya klik pada menu Rombongan Belajar > Lalu klik Kelompok Pendidikan > klik pada menu Pembelajaran


Masuk di halaman edit pembelajaran pada rombel seperti gambar dibawah ini.  Silahkan lihat pada Jam apakah sudah sesuai dengan kondisi jabatan guru di sekolah. 

Untuk ketentuan pengisian Jam Pembelajaran Guru silahkan lihat DISINI
Dan harus diingat bagi guru yan sertifikasi JJM nya harus 24 Jam seminggu. 



2)Jumlah Rombongan Belajar 


Buat rekan operator yang satu ini juga harus diperhatikan, bagi para guru yang sudah sertifikasi Jumlah siswa perrombel = 15 paling sedikit, untuk ketentuannya disini admin tidak bisa menjelaskan secara detail,intinya  bagi guru yang sudah sertifikasi jumlah rombongan belajar paling sedikit 15 siswa/i. 

Jadi, jika pengisian data di Rombongan Belajar belum tepat silahkan rekan-rekan operator segera mengudpate data tersebut. 


Demikianlah langkah-langkah untuk mengatasi beban mengajar yang belum linear di Info GTK. 


0 Response to "Cara Mengatasi Beban Mengajar Belum Linear di Info GTK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel