Membuat Program Dasar Java Hallo World


Membuat Program Hallo World

Untuk memulai program Java, pastikan pada Komputer kita telah terinstal Java JDK, jika belum lihat pada postingan admin sebelumnya yaitu Tutorial Installasi dan Setting Path Java. Jika sudah, kita langsung saja memulai program Java, terlebih dahulu akan membuat program Hallo World
Program ini akan menampilkan tulisan Hallo Dunia. 
Untuk memulai program tersebut langkah-langkah nya sebagai berikut:
  1. Buka editor seperti Notepad, Notepad ++ atau sublime text, disini admin menggunakan editor Notepad. Caranya Klik Start > All Programs >  Accessories > Notepad. Kemudian Ketikkan program dibawah ini. 
    pastikan pada Komputer kita telah terinstal Java JDK Membuat Program Dasar Java Hallo World
  2. Kemudian simpan file dengan nama "hallo_word.java", ingat tempat penyimpanan file java ini. Pada contoh ini file disimpan pada "D:\share\Modul_java\Program". Untuk mengkompile program buka CMD (Windows + R pada Keyboard). Kemudian dari CMD tersebut aksess direktori tempat file program disimpan. Contoh pada halaman CMD berikut:
  3. Maksud dari text yang ada pada gambar No. 2 adalah saat ini CMD sedang mengakses Drive "C" kemudian pada Direktory "User" dan subdirektori "USER". Untuk mengakses tempat menyimpan file *.java yang telah dibuat pindah terlebih dahulu ke Drive "D" [pada contoh]. Gunakan perintah "D:" lalu enter. 
  4. Jika telah berhasil pindah drive selanjutnya akses folder penyimpanan file java tersebut. Perintah yang digunakan "cd share\Modul_java\Program". Maka akan memberikan tampilan seperti dibawah ini. 
  5. Untuk melihat file apa saja yang terdapat pada folder yang sedang diakses ketikkan perintah "dir".
    Tanda panah menunjukkan perintah yang diberikan, sedangkan lingkaran merah merupakan file yang terdapat pada direktori program. 
  6. Selanjutnya, untuk mengcompile (menjalankan program) ketikkan perintah "javac hallo_word.java". 
  7. Jika tidak terjadi error (kesalahan), maka program sukses dijalankan. Seperti contoh diatas program sukses dibuat. Selanjutnya untuk menampilkan hasil program ketikkan "java hallo_word". Berikut ini adalah tampilannya. 
    Berhasil Menampilkan Teks Hallo Dunia

SELAMAT SUDAH BERHASIL MEMBUAT PROGRAM HALLO WORLD. 




Mengatasi Error Pada Program Hallo World

Jika program yang dibuat tidak sesuai output atau keluarannya dengan yang kita inginkan atau bahkan tidak memberikan keluaran, kemungkinan program ada yang error. Error ini terjadi bisa disebabkan oleh adanya kesalahan syntax atau penulisan program. Contoh berikut menggambarkan adanya kesalahan pada penulisa syntax. 

Pada tampilan tersebut tanda panah merah menunjukkan terjadinya kesalahan sebanyak 1 error. Sedangkan tanda panah hijau menunjukkan tempat terjadinya kesalahan. Pada baris ke-2 terdapat tulisan "hallo_word.java:5:error: ';' maksud dari kalimat tersebut adalah terjadi kesalahan pada baris kelima file hallo_word.java, kesalahan membutuhkan tanda ";".
Itu adalah salah satu jenis kesalahan terjadi dikarenakan kesalahan syntax. 


Demikianlah, cara membuat program Hallo Dunia beserta mengenali kesalahan atau error syntax. Terimakasih... Semoga bermanfaat..



0 Response to "Membuat Program Dasar Java Hallo World"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel