CONTOH KARYA TULIS TENTANG DAMPAK BERMAIN GAME BAGI PELAJAR | TEORI PENDIDIKAN

DAMPAK BERMAIN GAMEBAGI PELAJAR

  

ABSTRAK
     
       Karya Ilmiah yang berjudul “Dampak Bermain Game Bagi Pelajar “.
Dalam karya ilmiah ini , terdapat banyak para remaja senangmeluangkan waktunya untuk bermain game , dari pada  melakukan aktivitas yang bermanfaat.Tujuanpenulisan karya tulis ilmiah ini adalah untuk memberitahukan  kepada pelajar – pelajar yang nantinya akanmenjadi penerus bangsa.  Bahwa bermaingame itu bukanlah hal yang baik apabila untuk di jadikan kebiasaan karena , bermain game itu dapat menjadikan pelajar– pelajar malas dengan kewajiban - kewajiban yang harus di laksanakan. Metodeyang kami gunakan  dalam karya tulisilmiah adalah dengan teknik wawancara.
  
KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum wr. Wb
   Alhamdulillahirobbil’alamin , puji syukur kehadirat Allah swt. Atasrahmat dan hidayah-Nya yang diberikan sehingga penulisan hasil penelitian inidapat diselesaikan. Penelitian dengan judul “Dampak Bermain Game Bagi Pelajar”.Dipersiapkanuntuk mengikuti tugas ujian praktik Bahasa Indonesia.Dalam penyelesaian karyailmiah ini , berkat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak , karya ilmiah inidapat terselesaikan karena itu , peneliti mengucapkan terima kasih kepada:
1.DARIS WIBOWO M.Ag , selaku Kepala MTs  Muhammadiyah Tempurrejo.
2.AGUS SURONO S .pd , selaku Gurupembimbing dalam karya tulis ini.
3.Bapak dan Ibu Guru MTsMuhammadiyah Tempurrejo.
4. Orang tua kami yang banyak memberikan dukungan.
5.Narasumber dalam penelitian iniyang sudah memberikan  waktunya    untuk di wawancarai.
  Kami sadar , sebagai seorang pelajar yang masih banyak kekurangannya.Olehkarena itu , kami sangat mengharap adanya kritik dan saran yang bersifatpositif ,guna penulisan karya ilmiah yang lebih baik lagi di masa yang akandating. Harap kami , semoga karya ilmiah yang sederhana ini , dapat memberi  manfaat .
                                            
                                                                                                Tim Penulis

LEMBAR PENGESAHAN
  Karya tulis yang berjudul “Dampak Bermain Game Bagi Pelajar” telah disetujui dan di sahkan pada 14 Maret 2012.
 

PembimbingI

AGUSSURONO S. p.d
NBM.1092472


Mengetahui
Plh. Kepala Madrasah

DARISWIBOWO.M.Ag
NBM. 916728

  
                                                          DAFTARISI
HALAMANJUDUL....................................................................................... i
LEMBARPENGESAHAN............................................................................. ii
KATAPENGANTAR..................................................................................... iii     
DAFTAR ISI.................................................................................................... iv
ABTRAKSI...................................................................................................... v
BAB I.PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang ................................................................................ 1
B.    Rumusan Masalah............................................................................ 2
C.    tujuan Penelitian............................................................................... 2
D.   Manfaat Penelitian........................................................................... 2
BAB II. KAJIAN PUSTAKA
         A.Pengertian Game ................................................................................. 3
BAB III.METODE PENELITIAN
  1. Teknik Penelitian ................................................................................. 5
  2. Rancangan Waktu................................................................................. 5
  3. Sampel.................................................................................................. 5
  4. Instrumen Penelitian............................................................................. 5
  5. Prosedur Penelitian............................................................................... 5



BAB IV. DAMPAK BERMAIN GAME BAGI PELAJAR
  1. Dampak main game.............................................................................. 6
  2. Hasil penelitian..................................................................................... 6

BAB V PENUTUP
  1. Kesimpulan .......................................................................................... 7
  2. Saran .................................................................................................... 7
DAFTARPUSTAKA
LAMPIRAN
BIODATAPENELITI
BABI
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
       Di zaman Globalisasi ini , para pelajardari SD sampai SMA yang sangat di gemari adalah “Game”.Pada zaman dahulu game –game sudah ada tapi game yang tidak perlu mengeluarkan biya /  listrik.
Contoh game tradisional:mainkelereng ,main petak umpet , baksodor dan yang lainnya ,dengan seiringperkembangan tahun , game – game tradisonalpun mulai di tinggalkan oleh kalanganpelajar.
Yang mereka gemari sekarang ini ,adalah game –game  yang moderenseperti:Game Online , game yang di rental – rental yang di sebut plestesion ,maupu game- game yang ada di Hp.Dan di tiap – tiap kota maupun desa , banyakterdapat tempat game , game online maupun plestesion.Dan akibat para pelajaryang serig bermai game – game moderen akan mwnjadikan pelajar menjadimalas  untuk melakukan kegiatan –kegiatannya sehari hari.
B. RUMUSAN MASALAH
    Dari latar belakang di atas , peneliti membuat rumusan masalah yangberisi sebagai berikut:
1.Apa pengertian game ?
2.Apa dampak dari bermain game bagipelar ?
C. TUJUAN PENELITIAN`
   Kami meneliti ini , bertujuan untuk memberi motifasi kepada para pelajaryang sering bermain game moderen.
D. MANFAAT PENILITIAN
Agar para pelajar dapat mengetahuiapa saja dampak dalam bermain game moderen.


BABII
KAJIANPUSTAKA
A.PENGERTIAN GAME

Di dalam KBBI Mainberarti:melakukan permainan untuk menyenangkan hati . Dalam pengertian yangluas game berarti:”Hiburan”sementara game dapat di artikan :sebagai arenakeputusan dan aksi pemainnya andang ismail (2009:26)menuturkan bahwa  permainan ada 2 pengertian yaitu:
1.Permainan adalah sebuah aktivitasbermain yang murni mencari kesenangan tanpa mencari menang / kalah.
2.Pemain adalah sebagai aktivitasbermain yang di lakukan dalam rangka mencari kesenangandan kepuasan .
> Menurut Kimpraswil (dalamAs’adi Muhammad 2009:26)
Mengatakan bahwa definisi permainanadalah : usaha oleh diri (oleh pikiran dan oleh fisik) yang sangatbermanfaatbagi peningkatan dan
pengembangan motivasi , kinerja , danprestasi dalam melaksanakan tugas dan kepentingan organisasi dengan lebih baik.
>Menurut  Joan Fream dan Utami munadar(dalam andangismail2009:27) mendefinisikan permainan sebagai suatu aktivitas yang membantuanak mencapai perkembangan yang utuh , baik fisik intelektual , social , moral danemosional.
> Menurut Hans Daeng(dalamandang ismail , 2009:17) sebagian mutlak dari kehidupan anak dan permainanmerupakan bagian integral dari proses pembentukan kepribadian anak.
> Sejarah dari game yang pertama muncul dari ATARI 2.600 merupakan console gameyang sukses di masanya di rilis pada Oktober 1977 game elektronik pada generasike 2 muncul ATARI 7800 konsol di rilis pada juni 1986.Game berasal dari kata bahasainggris yang memiliki arti :dasar permainan. Permaina dalam hal menuju padapengertian “kelincahan intelektual”.
Di dalam WIKIPEDIA  BAHASA INDONESIA , “Permainan” adalahsebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang – senang , mengisi waktuluang.
  
BABIII
METODEPENELITIAN
A.Teknik Penelitian
    Teknik yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara ,wawancara adalah:suatu cara untuk mengumpulkan data dengan mengajukanpertanyaan langsung kepada seorang informan atau seorang autoritas atau seorangahli yang berwewenang dalam suatu masalah .
B. Rancangan Waktu
       1.MassaPersiapan                             :21-  28 Januari 2012
       2.MassaPenelitian Lapangan           :20  - 21Februari 2012.
       3.MassaPengolahan Data                :8  - 15 Februari 2012.
       4.MassaPenyusun  Laporan            :16 - 23 Februari 2012.
C. Sampel
   Jumlah sempel penelitian kami , 8 orang pelajar MIM dan MTsM Tempurrejo.
D.Instrumen Penelitian
   Istrumen Penelitian ini , kami melakukan pertama kali berupa pertanyaan –pertanyaan yang berkaitan dengan permainan game.
E. Prosedur Penelitian
       1. Membuat daftar pertanyaan
       2. Lngkah selanjutnya wawancara
        3. Mencatat hasil wawancara.

BABIV
DAMPAKBERMAIN GAME
A.Dampak Bermain Game

    Dampak yang akan dirasakan bagi pemain game :
       1.Iama kelamaan mata akan terasa sakit
       2.Kepala akan terasa pusing
       3.Kaki akan terasa sakit (kesemutan)
      4. Leher terasa sakit 
B.Hasil Penelitian
Para pelajar yang kami wawancaraikebanyakan sering sekali bermain game hanya satu yang menjawab tidak pernahdari 10 sempel yang kami wawancarai rata-rata mereka bermain sampai  2 jam , perjamnya mereka harus mengeluarkanuang Rp 2000.00 / jam ada juga yang mengaku bermain sampai 4 jam merekamengatakan bahwa  bermai game itu sangatngasyikkan dan  untuk hiburan karena  mereka merasa bosan di rumah , orang tuamereka tidak melarang mereka untuk bermain game. Mereka bermain game 1 minggusekali , 1 bulan  2 kali. Setelah bermaingame tidak merasakan keluhan apapun tetapi , ada juga yang Merasakan pegal –pegal ataupun matanya sakit karena , terlalu lama bermain game , Mereka biasanyabermain game
dirental game dekat dengan rumah mereka , uang di digunakan untuk bermain
       game biasanya dari orang tua merekaataupun mereka mengumpulkan uang saku mereka , gameyang sering di mainkan oleh para pelajar adalah: sepak bola , gitar hero , balapmobil.
6
BAB V
PENUTUP
A.Kesimpulan.
         Dariuraian diatas ,kita sebagai pelajar jangan terlalu sering bermain              
Game , walaupun ada game yang  dapat memberi manfaatbagi anak yang baru
Belajar mengenal angka , huruf dan lain-lain. 
B. Saran
       Seharusnya ,para pelajar hendaknya memehami bahwa mencari uang
Itu tidak mudah , dan seharusnya para remaja itu mengingatkewajibannya
Sebagai seorang pelajar , tetapi bermain game itu bolehsaja , asal tidak
terlalu sering ,sebaiknya para pelajar beralih ke membaca buku , majalah supanya menambah ilmupengetahuan , belajar membaca buku pelajaran ataupun menonton tv dirumah tetapimenonton yang ada manfaatnya saja seperti : berita , edukasen , da’ i mudapilihan dan lainnya. 
Tapi menonton tv  harus tau jadwal  jamny , dan jangan menonton tv terus.
  
 LAMPIRAN
Tanggal: 22 Februari 2015.
      Wawancara I
1. Apakah anda pernah main game?
      Ya.
2. Biasanya berapa jam bermaingame?
    2 jam
3. Berapa biayanya?
   Rp 2000 perjam jadi saya  Rp 4000
4.Apa bermain gme itu mengasyikkan?
   Ya.
5.Mengapa anda senang bermain game?
  Karena bosan di rumah.
6.Apakah orang tua anda yidakmemarahi?
  Tidak.
7.Dalam satu mionggu berapa kali?
  1 kali.
8.Adakah keluhan bermain game?
  Tidak.
9.Dimana tempat bermain game? 
Bintang
10. Uang dari mana?
Uang sakudikumpulkan
11.Kalau tidak dikasih jadi main?
Gak jadi
12.Permainan apa saja yang seringanda mainkan?
Sepak bola
> Wawancara 2
1. Apakah anda pernah bermain game?
    Tidak.
> Wawancara 3
1. Apakah anda pernah bermain game?
   Ya.
2. Biasanya berapaa jam mainnya?
    1 jam
3.Berapa biaya perjamnya?
   Rp 2000.
4. Apakah bermain game itu mengasyikkan?
   Ya tentu.
5. Mengapa anda senang bermaingame?
  Karena bosan di rum
 6. Apakah orang tua anda tidakmelarang anda?
   Tidak
7. Dalam satu minggu berapa kali?
   Tidak pasti (jarang)
8. Adakah keluhan setelah bermaingame?
   Tidak.
9. Di mana anda biasanya bermaingame?
   Rental dekat rumah.
10. Uangnya dari mana?
    Orang tua.
11. Kalau tidak di kasih jadi main?
    Tidak.
12. Permainan apakah yang seringanda mainkan?
    GTA.
> Wawancara 4.
1. Apakah anda pernah main game?
   Ya.
2. Biasanya sampai berapa jam?
   Gak pasti.
3. Berapa biaya perjamnya?
    Geratis.
4. Apakah main game itumengasyikkan?
Ya.
5. Mengapa anda senang bermain gme?
  Karena mengasyikkan.
6. Apakah orang tua anda tidakmelarang anda?
  Tidak.
7. Dalam satu minggu berapa kali?
   2 kli.
8. Adakah keluhan  bermain game?
   Ada.
9. Dimana anda biasanya bermaingame?
    Di rumah.
 10. Uang dari mana?
   Geratis.
11. kalau tidak di beri uang jadimain?
   Jadi kandi rumah .
12. Permainan apa yang andamainkan?
    Super Mario.
> Wawancara 5.
1. Apakah anda pernah bermain game?
   Pernah.
2. Biasanya berapa jam?
  4 jam.
3. berapa biaya perjamnya?
  Rp 2.500
4. Apakah bermain game itumengasyikkan?
   Ya.
5. Mengapa anda suka bermain game?
   Karena seru.
6. Apakah  orang tua anda tidak melarang anda?
   Kadang – kadang.
7. Dalam satu minggu berapa kali?
   1 bulan 2 kali.
8. Adakah keluhan bermain gme?
    Ada.
9. Dimana tempat anda bermain game?
  Rental dekat rumah.
10. Uang dari mana?
   Kakak saya.
11. Kalau tidak di kasih jadi main?
   Jadi iyuran sama teman .
12. Permainan apa yang andamainkan?
   Sepak bola.
> Wawancara6.       
1. Apakah andapernah bermain game?
    Pernah.
 2. Biasanya sampai berapa jam?
    2 jam
3. Berapa biaya perjamnya?
   Rp 4000.
4. Apakah bermain game itumengasykkan?
 Ya.
5. Mengapa anda  senang bermain game?
  Menghilangkan bosan.
6. Apakah orang tua anda tidakmelarang anda?
   Tidak.
7. Dalam satu minggu berapa kali?
   1 kali.
8. Adakah keluhan bermain game?
  Tidak.
9. Di mana biasanya bermain game?
   Rental bintang.
10. Uang dari mana?
    Nabung.
11. Kalau tidak di beri jadi main?
    Tidak.
12. Permainan apa yang sering andamainkan?
   Petualang , sepak bola , balap mobil..


> Wawancara7.
1. Apakah anda pernah bermain game?
    Penah.
2. Biasanya sampaiberapa jam?         
   2 jam.
3. Berapa biaya perjamnya?
   Rp 2000.
4. Apakah bermain game itumengasyikkan?
   Ya.
5. Mengapa senang bermain game?
   Menyenangkan.
6. Apakah orang tua anda tidakmelarang?
  Ya.
7. Dalam satu minggu berapa kali?
  Sering.
8. Adakah keluhan bermain game?
   Ada
9. Dimana tempat anda bermain game?
   Rental bintang.
10. Uang dari mana?
    Orang tua.
11. Kalau tidak di beri jadi main?
    Jadi iyuran.
12. Permaina apa yang sering andamainkan?
    Sepak bola.
> Wawancara 8.
1. Pernahkah anda bermain game?
    Pernah
2. Biasanya sampai berapa jam ?
   1 jam.
3. Berapa biaya perjamnya?
   Rp 2000.
4. Apakah main game itu mengasyikkan?
   Ya asyik.
5. Mengapa senang bermain game?
  Bosan di rumah.
6. Apakah orang tua anda tidakmelarang anda?
   Ya.dimarahi.
7. Dalam satu minggu berapa kali?
   Jarang.
8. Adakah keluhan bermain game?
   Ada.
9. Di mana biasanya anda bermaingame?
   Rental bintang.
10. Uangnya dari mana?
    Uang saku di kumpulkan.
11. Kalau tidak di kasih uang jadimain game?
   Gak jadi.
12. Permainan apa yang sering andamainkan?
   Sepak bola.
 


DAFTAR PUSTAKA

http// cakrawalamaya.blogspot.com/2012/03/pengertian game-hlml.
http// bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php.
keraf ,gorys.1979.komposisi ende flores:Nusa Indah.
http// id.wikipedia.org/ wiki/ permainan.                                                           

0 Response to "CONTOH KARYA TULIS TENTANG DAMPAK BERMAIN GAME BAGI PELAJAR | TEORI PENDIDIKAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel