Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja Yang Baik dan Benar | TEORI PENDIDIKAN

Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja Yang Baik dan Benar - Pengundurandiri adalah pemberitahuan sukarela oleh karyawan kepada  perusahaan(pemberi kerja) bahwa yang bersangkutan berniat untuk mengakhiripekerjaan.Tindakan sukarela ini dibedakan dengan metode lain pemutusan hubungankerja seperti pemecatan atau redundansi.

Sedangkan Surat Pengunduran Diri adalah sebuah gambaran untuk membuatsurat pernyataan bahwa seseorang mengundurkan dari pekerjaanya. Dan untukalasanya bisa beragam mulai dari karena masa kontrak sudah habis atau hal-halyang bersifat pribadi dimana mengharuskan anda untuk mengundurkan diri daripekerjaan. Pada dasarnya surat pengunduran diri dibuat secara resmi agar ketikapengajuanya bisa diterima secara baik. Karena belum tentu seseorang mengajukansurat pengunduran dan serta merta langsung bisa disetujui oleh pihakperusahaan. Pastinya mereka akan melihat beberapa alasan penting yangmempengaruhi anda kenapa harus memutuskan untuk resign (keluar dari pekerjaan).

Karyawan mengundurkan diri adalah hal lumrah dalamdunia kerja. Dampak pengunduran diri ini kepada perusahaan berbeda-beda ,bergantung pada sistem yang berjalan di perusahaan tersebut. Apapun dampaktersebut , setidaknya ada tujuh alasan karyawan mengundurkan diri.

 7 Alasan Karyawan Mengundurkan Diri

1. Pindah kerja

Pindah kerja merupakan alasan paling umum dari pengunduran diri karyawan. Penyebabnya antara lain:
Mencari tantangan baru karena pekerjaan di perusahaan lama monoton Mendapatkan gaji dan fasilitas yang lebih baik Tidak cocok dengan manajemen perusahaan lama sehingga si karyawan merasa sulit mengembangkan kariernya atau mengalami demotivasi kerja Dibujuk pindah oleh perusahaan baru karena keahlian si karyawan sangat dibutuhkan Perusahaan baru lebih dekat dengan daerah asal si karyawan

2. Faktor keluarga

Faktor keluarga dapat juga menjadi alasan bagi seorang karyawan untuk mengundurkan diri. Umumnya , ini dilakukan oleh karyawati. Penyebabnya dapat berupa anak-anak tidak ada yang mengurus , diminta berhenti oleh suaminya karena suaminya mampu menafkahi , atau inisiatif sendiri karena suaminya mampu menafkahinya.

3. Menjadi pegawai negeri sipil

Alasan lain pengunduran diri karyawan adalah menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Biasanya , mereka berpadapat bahwa PNS memberikan masa depan yang lebih terjamin (karena umumnya ada dana pensiun) dan beban kerjanya tidak seberat di perusahaan swasta.

4. Menjadi pengusaha

Alasan keempat adalah menjadi pengusaha. Ini biasanya terjadi bagi mereka yang memiliki jiwa wirausaha tinggi. Dengan menjadi pengusaha , mereka dapat memperoleh lebih banyak uang dan tidak terikat aturan perusahaan. Bentuk usahanya dapat berupa membuka toko kelontongan , menjadi pengusaha properti , menjadi agen produk tertentu , atau menjadi grosir sembako.

5. Kesehatan

Alasan kesehatan juga dapat membuat seorang karyawan mengundurkan diri misalnya karena penyakit yang dideritanya. Tentu , alasan ini didasarkan pada diagnosis dokter perusahaan. Berbeda dari alasan satu sampai empat , mereka yang mengundurkan diri karena alasan kesehatan akan mendapatkan uang kesehatan dari perusahaannya. Besarnya uang tersebut bergantung kepada peraturan perusahaan.

6. Kebijakan perusahaan

Alasan lain adalah kebijakan perusahaan. Ini beda dengan pemecatan. Misalnya , seorang karyawan lama , yang banyak kontribusinya , melanggar peraturan perusahaan yang sanksinya pemecatan. Karena kontribusinya tersebut , perusahaan memberi kebijakan agar karyawan bersangkutan mengundurkan diri.

7. Desakan masyarakat

Alasan lain adalah desakan masyarakat. Penyebabnya karena perilaku si karyawan tidak disukai oleh masyarakat seperti si karyawan melanggar adat setempat atau sering melakukan tindakan asusila. Karena desakan tersebut , si karyawan (meskipun ia tidak mau pindah) dipaksa pindah kerja dari perusahaan tersebut. Umumnya perusahaan mengabulkan desakan masyarakat tersebut karena demi kelangsungan operasi perusahaan. Dengan kata lain , lebih baik menyuruh seorang karyawannya mengundurkan diri daripada menghadapi demonstrasi harian masyarakat yang meminta karyawan bersangkutan dipecat.

TIPS MENULIS SURAT PENGUNDURAN DIRI

1. Isi surat harus jelas dan tidak bertele tele.

2. Sebutkan alasan pengunduran diri dengan singkat dan jelas

3. Terdapat ucapan terimakasih kepada perusahaan , pimpinan dan karyawan lain yang akan anda tinggalkan. Karena bagaimanapun juga anda pernah bekerja bersama diperusahaan yang akan anda tinggalkan.

4. Sampaikan permohonan maaf anda ke perusahaan , atasan dan karyawan lainnya. Selama anda bekerja tentunya anda pernah melakukan kesalahan baik disengaja maupun tidak.

FORMAT UMUM SURAT PENGUNDURAN DIRi



Nama Kota , Tanggal Bulan Tahun

Kepada Yth ,

HRD Manager

PT. Nama Perusahaan

Alamat Perusahaan

Nama Kota

Dengan hormat ,

Melalui surat ini , saya (nama Anda) bermaksud untuk mengundurkan diri dari (nama perusahaan tempat Anda bekerja) sebagai (jabatan terakhir Anda di perusahaan) , terhitung sejak tanggal (tanggal pengunduran diri Anda).

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang didapatkan pada saya untuk bekerja di (nama perusahaan tempat Anda bekerja ). Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen (nama perusahaan Anda bekerja) jika ada kekeliruan ataupun kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharapkan selalu (nama perusahaan tempat Anda bekerja) dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat saya ,

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : SITI MULYATI
Tempat/Tgl.Lahir : Tasikmalaya , 29 September 1979
Alamat : Nagrak Sindangraja Jamanis
Jabatan Terakhir : Mudiroh RA

Dengan ini mengajukan Permohonan Pengunduran Diri sebagai Mudiroh di Sekolah RA PERSIS NO.122 Bojonggaok dengan alasan. Sulit membagi waktu  karena sedang mengikuti Pendidikan di …………Terhitung sejak tanggal

Demikian Surat Permohonan ini saya sampaikan , atas perhatian Bapak  pimpinan saya ucapkan terima kasih.



Tasikmalaya , 9 Mei 2016
Pemohon
Siti Mulyati

Contoh Surat Pengunduran Diri

Jakarta , 2 Februari 2016



Kepada Yth ,

HRD Manager

PT. Media Pustaka
Alamat Perusahaan

…..



Dengan Hormat ,

Melalui surat ini , saya Agung Kasep bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Pasti Bisa sebagai manager , terhitung sejak tanggal 31 Agustus 2014 dengan alasan kesehatan dan keluarga (sebutkan alasan lain sesuai dengan kondisi anda tidak perlu terlalu detail dan jangan mengungkapkan kekesalan Anda selama bekerja di perusahaan tersebut). Surat ini saya buat sesuai prosedur hubungan indistrial dan tanpa motivasi negatif. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak -hak saya sesuai ketentuan yang berlaku.



Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Pasti Bisa. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Pasti Bisa apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja di perusahaan yang saya cintai ini.



Saya berharap selalu , PT. Pasti Bisa dapat terus berkembang dan mendapatkan yang terbaik. Demikianlah surat ini saya buat sebaik-baiknya dan semoga disetujui oleh pihak PT. Pasti Bisa. Sekali lagi , saya mengucapakan terima kasih yang sebesar-besarnya.



Hormat Saya ,



Agung Sholeh

Contoh Surat Resign Kerja

   Tasikmalaya , 12 Februari 2016

  Kepada , Yth :
  Kepala bagian HRD
  PT. Tunas Muda
  Jl. Kali Manah , No. 12 Kalimanah
  Purbalingga

 Dengan Hormat
Melalui surat ini saya Nur Ahmad Nafisa bermaksud mengundurkan diri dari PT. Tunas Muda sebagai  Supervisor dikarenakan kondisi kesehatan yang tidak memingkinkan untuk melanjutkan perkejaan , Pengunfuran diri saya terhitung sejak tanggal 12 September 2015.

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih yang setulus - tulusnya atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk dapat bekerja di PT Tunas Muda dan Saya meminta maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Tunas Muda apabila selama saya bekerja di perusahan yang bapak pimpin banyak kesalahan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan. Atas perhatiannya saya sampaikan terimakasih.
    Hormat Saya
Golem Edan

 Contoh Surat Resign Bahasa Inggris

Friday , Februari 13  2016
Dear Mr. Robert Sinclair ,

It is with both regret and anticipation that I submit this letter of resignation. As required by my contract of employment , I hereby give you one month notice of my intention to leave my position as Front Desk Agent , effective 18 March 2010.

I have decided that it is time to move on and I have accepted a position elsewhere. This was not an easy decision and took lot of consideration. However I am confident that my new role will help me to move towards some of the goals I have for my career. It has been my genuine pleasure to work for UletBulu Corporation during these last 32 months.
I have enjoyed working with UletBulu Corporation fine staff of professionals and colleagues. The association I have made during working here will be truly memorable for years to come. I wish UletBulu Corporation continued more success in the future.

Thank you for allowing me to serve UletBulu Corporation and for all the opportunity , experience , knowledge and new skill I have during my employment. Once again I wish you and all staff in UletBulu Corporation every good fortune.

Yours truly ,

Goblin
Demikianlah pembahasan mengenai Contoh Surat Pengunduran Diri atau Resign Kerja yang dapat admin sampaikan. Semoga Bermanfaat dan semoga bisa menjadi referensi bagi sahabat ketika membuat Contoh Surat Pengunduran Diri atau Resign Kerja.

0 Response to "Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja Yang Baik dan Benar | TEORI PENDIDIKAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel