DEFINISI SOSIOLOGI PENDIDIKAN | TEORI PENDIDIKAN

DEFINISI SOSIOLOGIPENDIDIKAN


Pada dasarnya , sosiologi dapat dibedakan menjadi dua , yaitusosiologi umum dan sosiologi khusus. Sosiologi umum menyelidiki gejalasosio-kultural secara umum. Sedangkan Sosiologi khusus , yaitu pengkhususan darisosiologi umum , yaitu menyelidiki suatu aspek kehidupan sosio kultural secaramendalam. Misalnya: sosiologi masayarakat desa , sosiologi masyarakat kota , sosiologi agama ,sosiolog hukum , sosiologi pendidikan dan sebagainya.Jadi sosiologi pendidikanmerupakan salah satu sosiologi khusus.

Beberapa defenisi sosiologi pendidikan menurut beberapa ahli:
1.     Menurut F.G. Robbins , sosiologi pendidikanadalah sosiologi khusus yang tugasnya menyelidiki struktur dan dinamika prosespendidikan. Struktur mengandung pengertian teori dan filsafat pendidikan ,sistem kebudayaan , struktur kepribadian dan hubungan kesemuanya dengantatasosial masyarakat. Sedangkan dinamika yakni proses sosial dan kultural , prosesperkembangan kepribadian ,dan hubungan kesemuanya dengan proses pendidikan.
2.     Menurut H.P. Fairchild dalam bukunya ”Dictionaryof Sociology” dikatakan bahwa sosiologi pendidikan adalah sosiologi yangditerapkan untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan yang fundamental. Jadiia tergolong applied sociology.
3.     Menurut Prof. DR S. Nasution ,M.A. ,Sosiologi Pendidikana dalah ilmu yang berusaha untuk mengetahui cara-caramengendalikan proses pendidikan untuk mengembangkan kepribadian individu agarlebih baik.
4.     Menurut F.G Robbins dan Brown , SosiologiPendidikan ialah ilmu yang membicarakan dan menjelaskan hubungan-hubungansosial yang mempengaruhi individu untuk mendapatkan serta mengorganisasipengalaman. Sosiologi pendidikan mempelajari kelakuan sosial sertaprinsip-prinsip untuk mengontrolnya.
5.     Menurut E.G Payne , Sosiologi Pendidikan ialahstudi yang komprehensif tentang segala aspek pendidikan dari segi ilmusosiologi yang diterapkan.
6.     Menurut Drs. Ary H. Gunawan , SosiologiPendidikan ialah ilmu pengetahuan yang berusaha memecahkan masalah-masalahpendidikan dengan analisis atau pendekatan sosiologis.

Dari beberapa defenisi di atas , dapat disimpulkan bahwa Sosiologi Pendidikan adalah ilmu yangmempelajari seluruh aspek pendidikan , baik itu struktur , dinamika ,masalah-masalah pendidikan , ataupun aspek-aspek lainnya secara mendalam melaluianalisis atau pendekatan sosiologis.
Sumber : http://fatamorghana.wordpress.com/2008/03/20/definisi-sosiologi-pendidikan/

Related


Related Posts

0 Response to "DEFINISI SOSIOLOGI PENDIDIKAN | TEORI PENDIDIKAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel