DEFINISI SOSIOLOGI PENDIDIKAN | TEORI PENDIDIKAN
DEFINISI SOSIOLOGIPENDIDIKAN
Pada dasarnya , sosiologi dapat dibedakan menjadi dua , yaitusosiologi umum dan sosiologi khusus. Sosiologi umum menyelidiki gejalasosio-kultural secara umum. Sedangkan Sosiologi khusus , yaitu pengkhususan darisosiologi umum , yaitu menyelidiki suatu aspek kehidupan sosio kultural secaramendalam. Misalnya: sosiologi masayarakat desa , sosiologi masyarakat kota , sosiologi agama ,sosiolog hukum , sosiologi pendidikan dan sebagainya.Jadi sosiologi pendidikanmerupakan salah satu sosiologi khusus.
Beberapa defenisi sosiologi pendidikan menurut beberapa ahli:
1. Menurut F.G. Robbins , sosiologi pendidikanadalah sosiologi khusus yang tugasnya menyelidiki struktur dan dinamika prosespendidikan. Struktur mengandung pengertian teori dan filsafat pendidikan ,sistem kebudayaan , struktur kepribadian dan hubungan kesemuanya dengantatasosial masyarakat. Sedangkan dinamika yakni proses sosial dan kultural , prosesperkembangan kepribadian ,dan hubungan kesemuanya dengan proses pendidikan.
2. Menurut H.P. Fairchild dalam bukunya ”Dictionaryof Sociology” dikatakan bahwa sosiologi pendidikan adalah sosiologi yangditerapkan untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan yang fundamental. Jadiia tergolong applied sociology.
3. Menurut Prof. DR S. Nasution ,M.A. ,Sosiologi Pendidikana dalah ilmu yang berusaha untuk mengetahui cara-caramengendalikan proses pendidikan untuk mengembangkan kepribadian individu agarlebih baik.
4. Menurut F.G Robbins dan Brown , SosiologiPendidikan ialah ilmu yang membicarakan dan menjelaskan hubungan-hubungansosial yang mempengaruhi individu untuk mendapatkan serta mengorganisasipengalaman. Sosiologi pendidikan mempelajari kelakuan sosial sertaprinsip-prinsip untuk mengontrolnya.
5. Menurut E.G Payne , Sosiologi Pendidikan ialahstudi yang komprehensif tentang segala aspek pendidikan dari segi ilmusosiologi yang diterapkan.
6. Menurut Drs. Ary H. Gunawan , SosiologiPendidikan ialah ilmu pengetahuan yang berusaha memecahkan masalah-masalahpendidikan dengan analisis atau pendekatan sosiologis.
Dari beberapa defenisi di atas , dapat disimpulkan bahwa Sosiologi Pendidikan adalah ilmu yangmempelajari seluruh aspek pendidikan , baik itu struktur , dinamika ,masalah-masalah pendidikan , ataupun aspek-aspek lainnya secara mendalam melaluianalisis atau pendekatan sosiologis.
Sumber : http://fatamorghana.wordpress.com/2008/03/20/definisi-sosiologi-pendidikan/
0 Response to "DEFINISI SOSIOLOGI PENDIDIKAN | TEORI PENDIDIKAN"
Post a Comment