KAJIAN ISLAMI TENTANG JANGAN DEKATI ZINA |BAHAYA ZINA | TEORI PENDIDIKAN
JANGAN DEKATI ZINA
Oleh : Imam Ibnu Qayyim Al-jauziyah
Pendahuluan
Bahaya Zina
Melihat bahwa bahaya yang ditimbulkan oleh praktek zina merupakan bahaya yang tergolong besar , dan praktek tersebut juga bertentangan dengan aturan universal yang diberlakukan untuk menjaga kejelasan nasab keturunan , menjagakesucian dan kehormatan diri , juga mewaspadai hal-hal yang menimbulkan permusuhan serta perasaan benci di antara manusia disebabkan pengrusakan terhadap kehormatan isteri , putri , saudara perempuan dan ibu mereka. Dan ini jelas akan merusak tatanan kehidupan. Melihat hal itu semua , pantaslah bahaya praktek zina itu -bobotnya- setingkat di bawah praktek pembunuhan. Oleh karena
itu , Allah I menggandeng keduanya di dalam Al-Qur'an dan juga Rasulullah dalam keterangan hadits beliau.
Al-Imam Ahmad berkata: "Aku tidak mengetahui sebuah dosa -setelah dosa membunuh jiwa- yang lebih besar dari dosa zina."
Dan Allah menegaskan pengharamannya dalam firmanNya: Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan)yang benar , dan tidak berzina , barangsiapa yang melakukan demikian itu , niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa(nya) , (yakni) akan dilipat gandakan adzab untuknya pada hari Kiamat dan dia akan kekal dalam adzab itu , dalam keadaanterhina kecuali orang-orang yang bertaubat ..."(Al-Furqan: 68-70).
Dalam ayat tersebut , Allah menggandengkan zina dengan syirik dan membunuh jiwa , dan vonis hukumannya adalah kekal dalam adzab berat yang berlipat ganda ,selama pelakunya tidak menetralisir hal tersebut dengan cara bertaubat , beriman dan beramal shalih. Allah I berfirman: "Dan janganlah kamu mendekati zina , sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji (fahisyah) dan suatu jalan yang buruk."(Al-Isra': 32).Di sini Allah menjelaskan tentang kejinya praktek zina dan kata "fahisyah" maknanya adalah perbuatan keji atau kotor yang sudah mencapai tingkat yang tinggi dan dapat diakui kekejiannya oleh setiap orang berakal bahkan oleh sebagian banyak binatang , sebagaimana disebutkan oleh Al-Bukhari dalam Shahih-nya dari Amr bin Maimun Al-Audi , dia berkata: "Aku pernah melihat -pada masa jahiliyah- seekor kera jantan yang berzina dengan seekor kera betina. Lalu datanglah kawanan kera mengerumuni mereka berdua dan melempari keduanya sampai mati."
Kemudian Allah juga memberitahukan bahwa praktek zina adalah seburuk-buruk jalan; karena merupakan jalan kebinasaan , kehancuran dan kehinaan di dunia , siksaan dan azab di akhirat nanti. Dan karena menikahi mantan isteri-isteri ayah itu termasuk perbuatan yang sangat jelek sekali , Allah I secara khusus memberikan "cela" tambahan bagi praktek menikahi isteri orang tua. Allah berfirman (setelah secara tegas melarang kaum muslimin untuk menikahi isteri-isteri ayah mereka , pent): "Sesungguhnya perbuatan itu amat keji dan dibenci Allah dan seburuk-buruk jalan (yang ditempuh)."(An-Nisa': 22)
Allah I juga menggantungkan keberuntungan seorang hamba pada kemampuannya dalam menjaga "kehormatan"nya. Tak ada jalan menuju keberuntungan tanpa menjaga "kehormatan". Allah berfirman: "Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman. (Yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam shalatnya , dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna , dan orang-orang yang me- nunaikan zakat , dan orang-orang yang menjaga kemaluannya kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki , maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas." (Al-Mukminun: 1-7).
Dalam ayat-ayat ini ada tiga hal yang diungkapkan , yaitu , pertama , bahwa orang yang tidak menjaga kemaluannya , tidak akan termasuk orang yang beruntung , kedua , dia akan termasuk orang yang tercela , dan ketiga , dia termasuk orang yang melampaui batas. Jadi , dia tidak akan mendapat keberuntungan , serta berhak mendapat predikat "melampaui batas' dan jatuh pada tindakan yang membuatnya tercela , padahal beratnya beban dalam menahan syahwat itu , lebih ringan ketimbang menanggung sebagian akibat yang disebutkan tadi. Selain itu pula , Allah telah menyindir manusia yang selalu berkeluh kesah , tidak sabar dan tidak mampu me- ngendalikan diri saat mendapatkan kebahagiaan , demikian pula kesusahan. Bila mendapat kebahagiaan , dia menjadi kikir , tak mau memberi , dan bila mendapat kesusahan , dia banyak mengeluh.
Begitulah sifat umum manusia , kecuali orang-orang yang memang dikecualikan dari hambaNya , yang diantaranya adalah mereka yang disebut di dalam firmanNya:
"Dan orang-orang yang memelihara kemaluannya , kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak-budak yang mereka miliki , maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas."(Al-Ma'arij: 29-31).Oleh karenanya , Allah memerintahkan Rasulullah saw untuk memerintahkan orang-orang mukmin agar menjaga pandangan dan kemaluan mereka , juga diberitahukan kepada mereka bahwa Allah selalu menyaksikan amal perbuatan mereka.
"Dia mengetahui (pandangan) mata yang khianat dan apa yang disembunyikan oleh hati." (Ghafir: 19).
Dan karena ujung pangkal dari perbuatan zina yang keji ini dari pandangan mata , maka Allah lebih mendahulukan perintah untuk memalingkan pandangan mata sebelum perintah untuk menjaga kemaluan , karena banyak musibah besar yang asal muasalnya adalah dari pandangan; seperti kobaran api yang besar asalnya adalah percikan api yang kecil. Mulanya hanya pandangan , kemudian khayalan , kemudian langkah nyata , kemudian terjadilah musibah yang merupakan kesalahan besar(zina).
Oleh karenanya , ada yang mengatakan , bahwa barangsiapa yang bisa menjaga empat hal maka berarti dia telah menyelamatkan agamanya: Al-Lahazhat (pandangan pertama) , Al-Khatharat(pikiran yang melintas di benak) , Al-Lafazhat (lidah dan ucapan) , Al-Khathawat(langkah nyata untuk sebuah perbuatan). Dan seyogyanya , seorang hamba Allah itu bersedia untuk menjadi penjaga dirinya dari empat hal di atas dengan ketat , sebab dari situlah musuh akan datang menyerangnya , merasuk ke dalam dirinya dan merusak segala sesuatu. Empat Pintu Masuk Maksiat Pada Hamba sebagian besar maksiat itu terjadi pada seorang hamba melalui empat pintu yang telah kita sebutkan di atas. Sekarang , marilah kita ikuti pembahasan tentang
empat pintu tersebut di bawah ini:
1. Al-Lahazhat (Pandangan Pertama) Yang satu ini bisa dikatakan sebagai 'provokator' syahwat atau 'utusan' syahwat. Oleh karenanya , menjaga pandangan merupakan pokok dalam usaha menjaga kemaluan. maka barangsiapa yang melepaskan pandangannya tanpa kendali , niscaya dia akan menjerumuskan dirinya sendiri pada jurang kebinasaan. Rasulullah bersabda:
"Janganlah kamu ikuti pandangan (pertama) itu dengan pandangan (berikutnya). Pandangan (pertama) itu boleh buat kamu , tapi tidak dengan pandangan selanjutnya."
Dan di dalam Musnad Imam Ahmad , diriwayatkan dari Rasulullah :
"Pandangan itu adalah panah beracun dari panah-panah iblis. Maka barangsiapa yang memalingkan pandangannya dari kecantikan seorang wanita , ikhlas karena Allah , maka Allah akan memberikan di hatinya kelezatan sampai pada hari Kiamat."Inilah kurang lebih makna hadits tersebut.Beliau juga bersabda:
"Palingkanlah pandangan kalian dan jagalah kemaluan kalian."
Dalam hadits lain beliau bersabda:
"Janganlah kalian duduk-duduk di (tepi-tepi) jalan." Mereka berkata: "Ya Rasulullah , tempat-tempat duduk kami pasti di tepi jalan." Beliau bersabda: "Jika kalian memang harus melakukannya , maka hendaklah memberikan hak jalan itu." Mereka bertanya: "Apa hak jalan itu?" Jawab beliau: "Memalingkan pandangan (dari hal yang dilarang Allah , pent) , menyingkirkan gangguan dan menjawab salam." Pandangan adalah asal muasal seluruh musibah yang menimpa manusia. Sebab ,pandangan itu akan melahirkan lintasan dalam benak , kemudian lintasan itu akan melahirkan pikiran , dan pikiran itulah yang melahirkan syahwat , dan dari syahwat itu timbullah keinginan. Kemudian keinginan ini menjadi kuat dan berubah menjadi niat yang bulat. Akhirnya , apa yang tadinya hanya melintas dalam pikiran menjadi kenyataan dan itu pasti akan terjadi selama tidak ada yang menghalanginya. Oleh karenanya , dikatakan oleh sebagian ahli hikmah , bahwa: "Bersabar dalam menahan pandangan mata (bebannya) adalah lebih ringan dibanding harus menanggung beban penderitaan yang ditimbulkannya."
Seorang penyair mengatakan:
Setiap kejadian musibah(praktek zina) itu bermula dari pandangan , seperti kobaran api berasal dari percikan api yang kecil. Betapa banyak pandangan yang berhasil menembus ke dalam hati pemiliknya , seperti tembusnya anak panah yang di lepaskan dari busur dan talinya.Seorang hamba , selama dia masih mempunyai kelopak mata yang dia
gunakan untuk memandang orang lain , maka dia berada pada posisi yang
membahayakan.
! (Dia memandang hal-hal yang) menyenangkan matanya tapi membahayakan
jiwanya , maka janganlah kamu sambut kesenangan yang akan membawa
malapetaka.
Di Antara Bahaya Pandangan
Yaitu pandangan yang dilepaskan begitu saja itu dapat menimbulkan perasaan
gundah , tidak tenang dan hati yang terasa dipanas-panasi. Seseorang bisa saja
melihat sesuatu , yang sebenarnya dia tidak mampu untuk melihatnya secara
keseluruhan , namun dia tidak sabar untuk melihatnya. Tentu , merupakan
siksaan yang berat pada batin Anda bila ternyata Anda melihat sesuatu yang Anda
tidak bisa sabar untuk tidak melihat walaupun sebagian dari sesuatu tersebut ,
namun Anda juga tidak mampu untuk melihatnya.
Seorang penyair berkata:
! Bila -suatu hari- engkau lepaskan pandangan matamu mencari (mangsa)
untuk hatimu , niscaya apa-apa yang dipandangnya akan melelahkan
(menyiksa) diri kamu sendiri.
! Engkau melihat sesuatu yang engkau tidak mampu untuk melihatnya secara
keseluruhan dan engkau juga tidak bisa bersabar untuk tidak melihat (walau
hanya) sebagian dari sesuatu itu.
Lebih jelasnya , bait syair di atas maksudnya: Engkau akan melihat sesuatu yang
engkau tidak sabar untuk tidak melihatnya walaupun hanya sedikit , namun saat
itu juga engkau tidak mampu untuk melihatnya sama sekali walaupun hanya
sedikit.
Betapa banyak orang yang melepaskan pandangannya tanpa kendali akhirnya dia
binasa dengan pandangan-pandangan itu sendiri. Seperti yang diungkapkan oleh
seorang penyair:
! Wahai orang yang memandang , tidaklah dia sampai tuntas menyelesaikan
pandangannya , sehingga dia sendiri akan menjauh dan jatuh binasa karena
pandangan-pandangannya sendiri.
Ada untaian bait lain yang mengatakan:
! (Mungkin) dia sudah bosan selamat , hingga dia biarkan pandangannya
menyaksikan apa yang menurutnya indah.
! Begitulah; dia terus melanjutkan satu pandangan dengan pandangan yang
lain , sehingga akhirnya dia menjauh dan jatuh binasa karena pandangan-pandangannya sendiri.
Suatu hal yang lebih mengherankan , yaitu bahwa pandangan yang dilakukan oleh
seseorang itu merupakan anak panah yang tidak pernah mengena pada sasaran
yang dipandang , sementara anak panah itu benar-benar mengena di hati orang
yang memandang. Ada untaian bait syair yang mengatakan:
! Wahai orang yang dengan sungguh-sungguh melempar anak panah
pandangannya; Engkaulah sebenarnya yang menjadi korban dari apa yang
kamu lempar itu dan engkau tidak berhasil membidik orang yang engkau
pandang.
! Dan orang selalu melepas pandangannya , dia akan kehilangan
kesehatannya. (Oleh karena itu) kurunglah pandanganmu itu , jangan sampai
dia mendatangkan musibah kepadamu.
Suatu hal yang lebih mengherankan lagi , yaitu bahwa satu pandangan (padahal
yang dilarang) itu dapat melukai hati dan (dengan pandangan yang baru) berarti
dia menoreh luka baru di atas luka lama; Namun ternyata derita yang
ditimbulkan oleh luka-luka itu tak mencegahnya untuk kembali terus menerus
melakukannya.
! Kau senantiasa mengikutkan satu pandangan dengan pandangan lainnya
untuk menyaksikan (wanita) cantik dan (pria) tampan.
! Dan kau mengira bahwa itu dapat mengobati luka (syahwat)mu , padahal ,
dengan itu berarti kau menoreh luka di atas luka.
! Kau korbankan matamu dengan pandangan dan ta ngisan , sementara
hatimu juga (menjerit seperti) disembelih habis-habisan.
Oleh karena itu dikatakan : "Sesungguhnya menahan pandangan hatimu itu lebih
mudah daripada menahan langgengnya penyesalan".
2. Khatharat(Pikiran Yang Melintas Di Benak)
Adapun "Al-Khatharat"(pikiran yang melintas di benak) maka urusannya lebih
sulit. Di sinilah tempat dimulainya aktifitas , yang baik ataupun yang buruk. Dari
sinilah lahirnya keinginan (untuk melakukan sesuatu) yang akhirnya berubah
menjadi tekad yang bulat. Maka , barangsiapa yang mampu mengendalikan
pikiran-pikiran yang melintas di benaknya , niscaya dia akan mampu
mengendalikan diri dan menundukkan nafsunya. Namun , orang yang tidak bisa
me- ngendalikan pikiran-pikirannya , maka hawa nafsunyalah yang berbalik
menguasainya. Dan barangsiapa yang menganggap remeh pikiran-pikiran yang
melintas di benaknya , maka tanpa dia inginkan , akan terseret pada kebinasaan.
Pikiran-pikiran itu akan terus melintas di benak dan di dalam hati seseorang ,
sehingga akhirnya dia akan menjadi angan-angan tanpa makna(palsu).
"Laksana fatamorgana di tanah yang datar , yang disangka air oleh orang-orang
yang dahaga , tetapi bila didatanginya air itu dia tidak mendapatinya sesuatu
apapun. Dan didapatinya (ketetapan) Allah di sisinya , lalu Allah memberikan
kepadanya perhitungan amal-amal dengan cukup dan Allah adalah sangat cepat
perhitunganNya"(An-Nur: 39).
Orang yang paling jelek cita-citanya dan paling hina , adalah orang yang merasa
puas dengan angan-angan kosongnya. Dia pegang angan-angan itu untuk dirinya
dan dia pun merasa bangga dan senang dengannya. Padahal , demi Allah , angan-angan itu adalah modal orang-orang yang pailit dan barang dagangan para
pengangguran serta merupakan makanan pokok bagi jiwa yang kosong yang bisa
merasa puas dengan gambaran-gambaran dalam khayalan , dan angan-angan
palsu.
Seperti yang dikatakan oleh seorang penyair:
! mendapatkan Su'da , dapat menghilangkan dahaga. Dengan angan-angan itu
Su'da telah berhasil memberikan pada kita air dingin di kala haus.
! Angan-angan , yang sekiranya dapat menjadi kenyataan , tentu menjadi
kebahagiaan , dan kalaupun tidak , maka sesungguhnya kita hidup senang
beberapa waktu dengan angan-angan itu.
Angan-angan adalah sesuatu yang sangat berbahaya bagi manusia. Dia lahir dari
sikap ketidakmampuan sekaligus kemalasan , dan melahirkan sikap lalai yang
selanjutnya penderitaan dan penyesalan. Orang yang hanya berangan-angan -disebabkan karena dia tidak berhasil mendapatkan realita yang diinginkannya-
sebagai pelampiasannya , maka dia merubah gambaran realita yang dia inginkan
ke dalam hatinya; dia akan mendekap dan memeluknya erat-erat.Selanjutnya dia
akan merasa puas dengan gambaran-gambaran palsu yang dikhayalkan oleh
pikirannya.
Padahal , itu semua , sedikitpun tidak akan membawa manfaat. Sama seperti orang
yang sedang lapar dan haus , membayangkan gambaran makanan dan minuman
namun dia tidak dapat memakan dan meminumnya.
Perasaan tenang dan puas dengan kondisi semacam ini dan berusaha untuk
memperolehnya , jelas menunjukkan betapa jelek dan hinanya jiwa seseorang.
Sebab , kemuliaan jiwa seseorang , kebersihan , kesucian dan ketinggiannya , tidak
lain adalah dengan cara membuang jauh-jauh setiap pikiran yang jauh dari realita
dan dia tidak rela bila hal-hal tersebut sampai melintas di benaknya serta dia juga
tidak sudi hal itu terjadi pada dirinya.
Kemudian "khatharat"atau ide , pikiran yang melintas di benak itu , mempunyai
banyak macam , namun pada pokoknya ada empat:
Pikiran yang orientasinya untuk mencari keuntungan-keuntungan dunia/materi.
a. Pikiran yang orientasinya untuk mencegah kerugian dunia/materi.
b. Pikiran yang orientasinya untuk mencari kemaslahatan akhirat.
c. Pikiran yang orientasinya untuk mencegah kerugian akhirat.
Idealnya , seorang hamba hendaklah menjadikan pikiran-pikiran , ide-ide dan
keinginannya hanya berkisar pada empat macam di atas. Bila kesemua bagian itu
ada padanya , maka selagi mungkin dipadukan , hendaklah dia tidak
mengabaikannya untuk yang lain. Kalau ternyata , pikiran-pikiran yang datang itu
banyak dan bertumpang tindih , maka hendaklah dia mendahulukan yang lebih
penting , yang dikhawatirkan akan kehilangan kesempatan untuk itu , kemudian
mengakhirkan yang tidak terlalu penting dan tidak dikhawatirkan kehilangan
kesempatan untuk itu.
Yang tersisa sekarang adalah dua bagian lagi , yaitu:
Pertama , yang penting dan tidak dikhawatirkan kehila- ngan kesempatan untuk
melakukannya.
Kedua , yang tidak penting namun dikhawatirkan kehilangan kesempatan untuk
melakukannya.
Dua bagian terakhir ini sama-sama mempunyai alasan untuk didahulukan. Di
sinilah lahir sikap ragu-ragu dan bingung memilih. Bila dia dahulukan yang
penting , dia khawatir akan kehilangan kesempatan untuk yang lain. Namun bila
dia mendahulukan yang lain , dia akan kehilangan esuatu yang penting. Begitulah ,
kadang-kadang seseorang dihadapkan pada dua pilihan yang tidak mungkin
dikumpulkan menjadi satu , yang mana salah satunya tidak dapat dicapai kecuali
dengan mengorbankan yang lain.
Di sinilah , akal , nalar dan pengetahuan itu berperan. Di sini akan diketahui , siapa
orang tinggi , siapa orang yang sukses dan siapa orang yang merugi. Kebanyakan
orang yang mengagungkan akal dan pengetahuannya , akan Anda lihat dia
mengorbankan sesuatu yang penting dan tidak khawatir kehilangan kesempatan
untuk itu , demi melakukan sesuatu yang tidak penting yang tidak dikhawatirkan
kehilangan kesempatan untuk melakukannya. Dan Anda tidak akan mendapatkan
seorang pun yang selamat (dan terlepas) dari hal seperti itu. Hanya saja ada yang
jarang dan ada pula yang sering menghadapinya.
Dan sebenarnya yang dapat dijadikan sebagai penentu pilihan dalam masalah ini
adalah sebuah kaidah besar dan mendasar yang merupakan poros berputarnya
aturan-aturan syari'at , dan juga pada kaidah inilah dikembalikan segala urusan.
Kaidah itu adalah mendahulukan kemaslahatan yang lebih besar dan lebih tinggi
dalam dua pilihan yang ada walaupun harus mengorbankan kemaslahatan yang
lebih kecil- kemudian kaidah itu pula menyatakan bahwa kita memilih
kemudharatan yang lebih ringan untuk mencegah terjadinya mudharat yang lebih
besar.
Jadi , sebuah kemaslahatan akan dikorbankan dengan tujuan mendapatkan
kemaslahatan yang lebih besar , begitu pula sebuah kemudharatan akan dilakukan
dengan tujuan mencegah terjadinya kemudharatan yang lebih besar. Pikiran-pikiran serta ide-ide orang yang berakal itu tidak akan keluar dari apa yang kita
jelaskan di atas. Dan karena itu datang berbagai syari'at atau aturan.
Kemaslahatan dunia dan akhirat selalu didasarkan pada hal-hal tersebut. Dan pi-
kiran-pikiran serta ide-ide yang paling tinggi , paling mulia dan paling bermanfaat
ialah yang orientasinya untuk Allah dan kebahagiaan di alam akhirat nanti.
Kemudian , pikiran yang orientasinya adalah untuk Allah ini bermacam-macam:
Pertama: Memikirkan ayat-ayat Allah yang telah diturunkan dan berusaha untuk
memahami maksud Allah dari ayat-ayat tersebut; dan memang untuk itulah Allah
menurunkannya; tidak hanya sekedar untuk dibaca saja , namun membaca itu
hanya media saja.
Sebagian ulama Salaf mengatakan: "Allah menurunkan Al-Qur'an untuk
diamalkan , maka jadikanlah bacaan Al-Qur'an itu sebagai amalan."
Kedua : Memikirkan dan memperhatikan ayat-ayat atau tanda-tanda
kebesaranNya yang dapat dilihat langsung; dan menjadikannya sebagai bukti akan
nama-nama Allah , sifat-sifat , hikmah , kebaikan dan kemurahanNya. Dan Allah
sendiri telah mendorong hamba-hambaNya untuk merenungkan tanda-tanda
kebesaranNya , memikirkan dan memahaminya; Allah menegur dan mencela orang
yang melalaikannya.
Ketiga: Memikirkan nikmat , kebaikan dan berbagai karunia yang Dia limpahkan
kepada seluruh makhlukNya , dan merenungkan keluasan rahmat , ampunan dan
kasih sayangNya.
Tiga hal di atas akan dapat mendorong lahirnya -dari hati seorang hamba-
ma'rifatullah(pengetahuan tentang Allah) , kecintaan serta perasaan cemas dan
harap kepada-Nya. Dan bila tiga hal tadi dilakukan dengan kontinyu , disertai
dengan dzikir kepada Allah , maka hati seorang hamba akan tercelup secara
sempurna dengan ma'rifahdan kecintaan kepadaNya.
Keempat: Memikirkan aib , cela dan kelemahan yang ada pada jiwa dan amal
perbuatan. Hal ini akan memberikan manfaat yang sangat besar. Ini merupakan
pintu segala kebaikan. Ini juga sangat berperan dalam mengalahkan hawa nafsu
yang selalu memerintahkan kejelekan. Bila nafsu yang jahat itu dapat dikalahkan
maka nafsu muthmainnah(jiwa yang tenang)lah yang akan hidup , bangkit dan
menjadi penentu segala keputusan. Lalu hatipun menjadi hidup dan kebijakan
ada pada kerajaannya didengar; dia perintah para karyawan dan bala tentaranya
untuk melakukan hal yang membawa kemaslahatannya.
Kelima: Memikirkan kewajiban terhadap waktu sekaligus bagaimana cara
menggunakannya , serta menumpahkan seluruh perhatian terhadap pemanfaatan
waktu. Seorang yang arif , akan selalu memanfaatkan waktunya , karena dia yakin ,
bila waktunya disia-siakan begitu saja , berarti dia telah menyia-nyiakan seluruh
kemaslahatan (yang seharusnya dia dapatkan. pent). Sebab , seluruh
kemaslahatan itu , tidak lain bisa timbul dan didapatkan melainkan dari adanya
waktu. Dan bila disia-siakan (dan waktu itu sudah lewat. pent) maka dia tidak
akan bisa mengembalikannya lagi untuk selamanya.
Al-Imam Asy-Syafi'i berkata: "Aku pernah berteman dengan orang-orang sufi dan
aku tidak mendapatkan manfaat apa-apa dari mereka kecuali dua kalimat saja:
Pertama: "Waktu itu bagaikan pedang , bila engkau tidak memotongnya , dialah
yang akan menebasmu."
Kedua: "Dan nafsumu , bila engkau tidak menyibukkannya de- ngan kebenaran ,
maka dialah yang akan menyibukkanmu dengan kebathilan."
Waktu yang dimiliki manusia , itulah umur dia yang sebenarnya. Waktu itulah
yang menjadi modal untuk kehidupannya yang abadi dalam kenikmatan
abadi(Surga) , sekaligus juga modal untuk kehidupan yang sengsara dalam adzab
yang pedih(Neraka). Waktu itu berlalu lebih cepat dari perjalanan gumpalan awan.
Maka , barangsiapa yang berhasil menjadikan waktunya untuk Allah dan bersama
Allah , itulah kehidupan dan umurnya yang hakiki. Dan waktu yang tidak
dipersembahkan untuk Allah tidaklah dihitung sebagai bagian dari kehidupannya.
Walaupun dia hidup tapi kehidupannya laksana kehidupan binatang ternak. Bila
seseorang menghabiskan waktunya penuh dengan kelalaian , syahwat dan angan-angan kosong atau yang paling baik hanya digunakan untuk tidur dan
pengangguran , maka bagi orang semacam ini "mati" itu lebih baik daripada dia
hidup.
Bila seorang hamba yang sedang melakukan shalat- tidak akan mendapatkan
nilai dari shalatnya selain pada bagian yang dia pahami dari shalatnya , maka
umurnya yang sesungguhnya adalah waktu yang dia habiskan untuk Allah dan
dengan Allah.
Pikiran-pikiran atau ide-ide yang tidak termasuk salah satu bagian yang disebut di
atas tadi , dapat kita kategorikan sebagai was-was syaithaniyah(bisikan-bisikan
setan) , angan-angan kosong atau halusinasibohong , persis seperti pikiran-pikiran
orang yang kurang waras akalnya , baik karena mabuk atau flydan lain
sebagainya. Di mana ketika segala hakikat kenyataan itu tampak , kondisi mereka
saat itu mengatakan:
! Bila kedudukanku , saat dikumpulkan bersama kalian , seperti apa yang telah
aku temui sendiri (sekarang ini) , maka sungguh aku telah menyia-nyiakan
hari-hariku.
! Angan-angan itu telah menguasai jiwaku dalam jangka waktu yang lama ,
dan hari ini , aku menganggapnya hanya sebagai bunga mimpi.
Ketahuilah , sebenarnya pikiran-pikiran yang melintas itu tidaklah
membahayakan , namun yang bahaya bila pikiran-pikiran itu sengaja didatangkan
dan terjadi interaksi dengannya. Pikiran yang melintas itu laksana orang yang di
suatu jalan , bila Anda tidak memanggilnya dan Anda biarkan dia , maka dia akan
berlalu meninggalkan Anda. Namun bila Anda memanggilnya , Anda akan
terpesona dengan percakapan , dusta dan tipuannya. Tindakan ini akan terasa
begitu ringan bagi jiwa yang kosong penuh kebatilan , dan begitu berat dirasa oleh
hati dan jiwa yang suci dan tenang.
Allah telah memasang dua macam nafsu pada diri manusia: Nafsu ammarah
dan nafsu muthmainnah. Keduanya saling bertolak belakang. Segala sesuatu yang
terasa ringan oleh yang satu , maka akan terasa berat oleh yang lain. Apa yang
terasa nikmat oleh yang satu , maka akan terasa menyiksa oleh yang lain. Tak ada
sesuatu yang lebih berat bagi nafsu ammarahmelebihi perbuatan yang dilakukan
karena Allah dan lebih mendahulukan keridhaanNya dari pada hawa nafsunya ,
padahal tidak ada amal yang lebih bermanfaat baginya dari amal tersebut. Begitu
pula , tidak ada sesuatu yang lebih berat bagi nafsu muthmainnahdari perbuatan
yang bukan untuk Allah dan mengikuti kemauan hawa nafsu. Padahal tidak ada
amal yang lebih berbahaya baginya dari amal tersebut.
Dalam hal ini , malaikat itu berada di samping kanan hati manusia , sementara
setan di samping kirinya. Dan pertarungan antara keduanya tidak akan pernah
berhenti sampai ajal ditentukan (oleh Allah) di dunia ini. Seluruh bentuk kebatilan
akan berpihak kepada setan dan nafsu ammarah. Sementara , semua macam
kebenaran itu akan berpihak pada malaikat dan nafsu muthmainnah. Dalam
peperangan itu , kalah dan menang datang silih berganti. Dan kemenangan itu ada
bersama kesabaran. Maka barangsiapa yang benar-benar bersabar , berusaha
keras dan bertakwa kepada Allah , niscaya baginya balasan yang baik , di dunia dan
di akhirat nanti. Dan Allah pun telah menetapkan sebuah ketetapan yang tidak
dapat dirubah selamanya; bahwa balasan baik itu adalah untuk ketakwaan , dan
pahala itu adalah untuk mereka yang bertakwa.
Hati itu laksana papan yang kosong , dan pikiran-pikiran itu bagaikan tulisan yang
diukir di atasnya. Maka , bagaimana bisa dikatakan pantas bagi seorang yang
berakal bila papannya hanya berisi dusta , tipu daya , angan-angan kosong dan
fatamorgana yang tidak ada realitanya? Hikmah , ilmu dan petunjuk macam apa
yang diharapkan dari tulisan-tulisan itu? Apabila ia ingin melukiskan hikmah ,
ilmu dan petunjuk di papan hatinya , maka tak ubahnya seperti penulisan ilmu
yang bermanfaat di sebuah tempat yang sudah penuh dengan tulisan lain yang
tidak ada manfaatnya. Bila hati tidak kosong dari pikiran-pikiran kotor , maka
pikiran-pikiran positif yang bermanfaat tidak akan dapat menetap di dalamnya ,
karena dia memang tidak dapat menempati kecuali tempat yang kosong. Seperti
yang diungkapkan oleh seorang penyair:
Aku telah didatangi oleh hawa nafsu sebelum aku kenal dengan hawa nafsu itu
sendiri , maka ia temukan hati yang kosong , oleh karena itu ia dapat menguasaiku
Hal seperti ini banyak terjadi terhadap orang-orang tasawuf , mereka membangun
kepribadian mereka dengan cara menjaga pikiran-pikiran yang melintas di dalam
benak , mereka tidak memberikan kesempatan pada pikiran-pikiran tersebut untuk
masuk ke dalam hati , sehingga hati itu dalam keadaan kosong dan dapat untuk
melakukan kasyaf (menyingkap rahasia) dan menerima hakikat-hakikat yang
bermakna tinggi di dalamnya.
Mereka itu menjaga diri mereka dari satu hal , tetapi mereka lalai dan kehilangan
banyak hal yang lain. Sebab mereka kosongkan hati mereka dari lintasan-lintasan
pikiran sehingga menjadi kosong , tidak ada apa-apa di dalamnya , tiba-tiba setan
mendapatkannya dalam keadaan kosong , kemudian setan menanamkan di
dalamnya kebatilan dan menggambarkannya sebagai sesuatu yang paling tinggi
dan paling mulia , setan meletakkan hal itu sebagai ganti dari jenis pikiran-pikiran
yang merupakan bahan dasar dari ilmu pengetahuan dan petunjuk.
Apabila hati itu sudah kosong dari berbagai macam pi- kiran , maka setan akan
datang dengan menemukan tempat yang kosong untuknya. Setan akan berusaha
untuk mengisinya dengan hal-hal sesuai dengan kondisi pemilik hati tersebut.
Bila tidak berhasil mengisinya dengan pikiran-pikiran kotor , maka setan akan
menyibukkannya dengan keinginan melepaskan diri dari keinginan-keinginan -yang sebenarnya- tidak ada kebaikan dan kesuksesan bagi seorang hamba kecuali
bila keinginan-keinginan tersebut berhasil menguasai hatinya , yaitu
mengosongkannya dari keinginan untuk mengikuti perintah Allah- yang memang
dicintai dan diridhaiNya- , kemudian menyibukkan hati dan memperhatikan
perintah-perintah tersebut secara rinci untuk kemudian melaksanakannya di
masyarakat , lalu berusaha menyampaikan nya pada orang-orang dengan harapan
mereka juga mau melaksanakannya. Dalam hal ini , setan akan berusaha
menyesatkan orang yang mempunyai keinginan demikian dengan mengajak untuk
meninggalkan keinginan baik tersebut dan melepaskannya , tidak usah
memikirkan dunia dan masyarakat didalamnya.
Setan akan membisikkan kepada mereka bahwa kesempurnaan itu dapat mereka
capai dengan cara melepaskan diri dan mengosongkan hati dari hal itu semua.
Sungguh amat jauh ungkapan tersebut dari kebenaran. Karena , kesempurnaan
itu hanya dapat diperoleh bila hati itu penuh terisi de- ngan keinginan dan
pikiran yang baik serta usaha untuk merealisasikannya. Maka , manusia yang
paling sempurna adalah mereka yang paling banyak memiliki pikiran dan
keinginan untuk tunduk kepada perintah Allah , mencari keridhaanNya.
Sebagaimana manusia yang paling hina adalah mereka yang paling banyak
memiliki keinginan dan pikiran untuk memenuhi hawa nafsunya di mana saja dia
berada. Wallahul musta'an(Allah-lah tempat mohon pertolongan).
Lihatlah , Umar bin Khaththab , pikirannya penuh dengan keinginan dalam mencari
keridhaan Allah. Barangkali dia dalam keadaan shalat , namun saat itu dia juga
sedang mempersiapkan tentaranya (untuk jihad). Dengan demikian dia telah
berhasil mengumpulkan antara jihad dan shalat , sehingga beberapa ibadah masuk
berkumpul dalam satu ibadah.
Ini adalah satu hal yang mulia dan agung , tidak akan tahu tentang hal ini kecuali
mereka yang mempunyai keinginan yang benar-benar kuat dan pandai mencari ,
luas ilmunya serta tinggi cita-citanya , di mana dia masuk dalam satu ibadah
namun dia juga mendapatkan ibadah-ibadah yang lain. Itulah karunia Allah yang
diberikan pada siapa yang dikehendakinya.
3. Al-Lafazhat (Kata-Kata Atau Ucapan)
Adapun tentang Al-Lafazhat(kata-kata atau ucapan) , maka menjaga hal yang satu
ini adalah dengan cara mencegah keluarnya kata-kata atau ucapan yang tidak
bermanfaat dan tidak bernilai dari lidah. Misalnya dengan tidak berbicara kecuali
dalam hal yang diharapkan bisa memberikan keuntungan dan tambahan
menyangkut masalah keagamaannya. Bila ingin berbicara , hendaklah seseorang
melihat dulu; apakah ada manfaat dan keuntungannya atau tidak? Bila tidak ada
keuntungannya , dia tahan lidahnya untuk berbicara. Dan bila dimungkin kan ada
keuntungannya , dia melihat lagi; apakah ada kata-kata yang lebih
menguntungkan lagi dari kata-kata tersebut? Bila memang ada , dia tidak akan
menyia-nyiakannya.
Kalau Anda ingin mengetahui apa yang ada dalam hati seseorang maka lihatlah
ucapan lidahnya. Ucapan itu akan menjelaskan kepada Anda apa yang ada dalam
hati seseorang , dia suka ataupun tidak suka.
Yahya bin Mu'adz berkata: Hati itu bagaikan panci yang sedang menggodok apa
yang ada di dalamnya , dan lidah itu bagaikan gayungnya. Maka perhatikanlah
seseorang saat dia berbicara , sebab lidah orang itu sedang menciduk untukmu
apa yang ada di dalam hatinya , manis atau asam , tawar atau asin dan sebagainya.
Ia menjelaskan kepada Anda bagaimana "rasa" hatinya , adalah apa yang dia
keluarkan dari lidahnya. Artinya , sebagaimana Anda bisa mengetahui rasa apa
yang ada dalam panci itu dengan cara mencicipi dengan lidah , maka begitu pula
Anda bisa mengetahui apa yang ada dalam hati seseorang dari lidahnya , Anda
dapat merasakan apa yang ada dalam hatinya dari lidahnya , sebagaimana Anda
juga mencicipi apa yang ada di dalam panci itu dengan lidah anda.
Dalam hadits Anas radhiallaahu anhu yang marfu' , disebutkan:
"Tidak akan istiqamah iman seorang hamba sehingga hatinya beristiqamah (lebih
dahulu) , dan tidak akan istiqamah hatinya sehingga lidahnya beristiqamah (lebih
dahulu)."
Nabi pernah ditanya tentang hal yang paling banyak memasukkan manusia ke
dalam Neraka , beliau menjawab: "Mulut dan kemaluan". At-Tirmidzi berkata:
"Hadits ini hasan shahih."
Sahabat Mu'adz bin Jabal pernah bertanya kepada Nabi tentang amal apa yang
dapat memasukkannya ke dalam Surga dan menjauhkannya dari api Neraka. Lalu
Nabi memberitahukan tentang pokok , tiang dan puncak yang paling tinggi dari
amal tersebut , setelah itu beliau bersabda:
"Bagaimana kalau aku beritahu pada kalian inti dari semua itu?" Dia berkata: "Ya ,
Wahai Rasulullah". Lalu Nabi rmemegang lidah beliau sendiri kemudian berkata:
"Jagalah olehmu yang satu ini." Maka Mu'adz berkata: "Adakah kita bisa disiksa
disebabkan apa yang kita ucapkan?" Beliau menjawab: "Ibumu kehilangan engkau
ya Mu'adz , tidakkah yang dapat menyungkurkan banyak manusia di atas wajah
mereka (ke Neraka) kecuali hasil (ucapan) lidah-lidah mereka?"At-Tirmidzi berkata:
"Hadits ini hasan shahih."
Dan yang paling mengherankan yaitu bahwa banyak orang yang merasa mudah
dalam menjaga dirinya dari makanan yang haram , perbuatan aniaya , zina ,
mencuri , minum minuman keras serta melihat pada apa yang diharamkan dan
lain sebagainya , namun merasa kesulitan dalam mengawasi gerak lidahnya ,
sampai-sampai orang yang dikenal punya pemahaman agama , dikenal dengan
kezuhudan dan ibadahnyapun , juga masih berbicara dengan kalimat-kalimat yang
dapat mengundang kemurkaan Allah I tanpa dia sadari bahwa , satu kata saja dari
apa yang dia ucapkan dapat menjauhkannya (dari Allah dengan jarak) lebih jauh
dari jarak antara timur dan barat. Dan betapa banyak Anda lihat orang yang
mampu mencegah dirinya dari perbuatan kotor dan aniaya namun lidahnya tetap
saja membicarakan aib orang-orang , baik yang sudah mati ataupun yang masih
hidup , dan dia tidak sadar akan apa yang dia katakan.
Kalau Anda ingin mengetahui hal itu , lihatlah apa yang diriwayatkan oleh Muslim
dalam kitab Shahih-nya dari hadits Jundub bin Abdillah , dia berkata: Nabi
bersabda:
"Ada seorang pria yang mengatakan , 'Demi Allah , Allah tidak akan mengampuni si
Fulan itu'. Maka Allah berfirman , 'Siapa orang yang bersumpah bahwa Aku tidak
akan mengampuni si Fulan? Sungguh Aku telah mengampuninya dan
menggugurkan amalmu'."
Lihatlah , hamba yang satu ini; dia telah beribadah kepada Allah dalam waktu yang
cukup lama/panjang , namun satu kalimat yang diucapkannya telah menyebabkan
semua amalnya terhapus.
Dan di dalam hadits Abu Hurairah juga dikisahkan cerita seperti itu , kemudian
Abu Hurairah berkomentar: "Dia telah mengucapkan satu kalimat yang dapat
menghancurkan dunia dan akhiratnya."
Dalam Shahih Al-Bukharidan Shahih Muslim , dari Abu Hurairah dari Nabi :
"Sesungguhnya seorang hamba itu terkadang mengucapkan satu kalimat yang
termasuk dicintai oleh Allah , dia tidak terlalu perhatian dengan itu , namun ternyata
Allah berkenan meninggikannya beberapa derajat. Dan sesungguhnya seorang
hamba itu terkadang mengucapkan satu kalimat yang termasuk dibenci Allah , dia
tidak terlalu perhatian dengan itu , namun ternyata dengan kalimat itu dia masuk ke
dalam Neraka Jahannam." Dalam riwayat Muslim: "Sesungguhnya seorang hamba
itu mengucapkan satu kalimat yang tidak jelas apa yang dikandungnya , namun dia
dapat menjatuhkannya ke dalam Neraka (yang jaraknya) lebih jauh dari jarak
antara timur dan barat."
Dan dalam riwayat At-Tirmidzi dari hadits Bilal bin Al-Harits Al-Muzani dari Nabi
:
"Sesungguhnya seorang dari kalian terkadang mengucapkan satu kalimat yang
dicintai oleh Allah , dia tidak menyangka (pahalanya) sampai seperti apa yang dia
dapatkan , namun ternyata dengan kalimat itu Allah memberikan kepadanya
keridhaanNya sampai hari dia menjumpaiNya kelak. Dan sesungguhnya seorang
dari kalian terkadang mengucapkan satu kalimat dari yang dimurkai oleh Allah , dia
tidak menyangka (dosanya) sampai seperti apa yang dia dapatkan , namun ternyata
Allah memberikan kepadanya kemurkaanNya sampai hari dia menjumpaiNya
kelak."Alqamah mengatakan: "Betapa banyak ucapan yang tidak jadi aku katakan
disebabkan oleh Hadits Bilal bin Al-Harits ini."
Dalam kitab Jami' At-Tirmidzi , juga dari hadits Anas , dia berkata: Ada seorang
sahabat yang meninggal , lalu ada seorang laki-laki berkata , 'Berilah khabar
gembira dengan Surga' , maka Nabi bersabda:
"Dari mana kamu tahu? Barangkali dia pernah mengucapkan (kalimat) yang tidak
ada guna baginya atau dia pelit untuk (memberikan) sesuatu yang tidak akan
membuatnya kekurangan."At-Tirmidzi berkata: "Hadits ini hasan."
Dalam sebuah lafazh hadits disebutkan:
"Ada seorang anak yang meninggal syahid di perang Uhud , lalu ditemukan di
perutnya sebuah batu yang diikat untuk menahan lapar. Kemudian , ibunya
mengusap debu yang ada di wajahnya sambil mengatakan , 'Berbahagialah engkau
hai anakku , engkau akan mendapatkan Surga'. Maka Nabi rbersabda , 'Dari mana
kamu tahu ? , barangkali dulu dia pernah mengucapkan kata-kata yang tidak
berguna baginya dan menahan apa yang tidak memberikan mudharat baginya'."
Dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim , dari Abu Hurairah dari Nabi :
"Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari Akhir , maka hendaklah dia
mengatakan yang baik-baik atau diam saja."
Dalam lafazh Muslim disebutkan:
"Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari Akhir -bila dia menyaksikan
suatu perkara- maka hendaklah dia mengatakan yang baik-baik atau diam saja."
At-Tirmidzi menyebutkan dengan sanad yang shahihdari Nabi , bahwa beliau
bersabda:
"Termasuk (salah satu tanda) kebaikan Islam seseorang , yaitu (bila) dia
meninggalkan apa-apa yang tidak berguna baginya."
Dan dari Sufyan bin Abdillah Ats-Tsaqafi , dia berkata:
"Aku berkata , 'Ya Rasulullah , katakanlah kepadaku dalam Islam ini suatu kalimat
yang aku tidak akan menanyakannya pada seorang pun setelah engkau'. Nabi
menjawab , 'Katakanlah , Aku beriman kepada Allah , kemudian beristiqamahlah
engkau'. Aku bertanya , 'Ya Rasulullah , apa yang paling engkau khawatirkan
terhadapku?' Kemudian Nabi rmemegang lidah beliau sendiri lalu mengatakan , 'Ini'
(maksudnya : lidah , pent)." Hadits ini shahih.
Dari Ummu Habibah isteri Nabi , dari Nabi , beliau bersabda:
"Semua ucapan anak Adam(manusia) itu akan berdampak negatif kepadanya , tidak
akan berdampak positif kecuali; ucapan untuk amar ma'ruf (memerintahkan yang
baik) , atau nahyi munkar (mencegah perbuatan munkar) , atau dzikir kepada Allah
." At-Tirmidzi berkomentar: "Hadits ini derajatnya hasan."
Dalam hadits yang lain disebutkan:
"Bila seorang hamba berada di pagi hari , maka semua anggota tubuh memberikan
peringatan kepada lidah dan berkata , 'Takutlah engkau kepada Allah ,
sesungguhnya kami ini tergantung kepadamu. Bila kamu istiqamah kami akan
istiqamah , dan bila kamu melenceng kami pun ikut melenceng'."
Para ulama salaf sebagian mereka ada yang memperhitungkan dirinya , walau
hanya sekedar mengucapkan: "Hari ini panas dan hari ini dingin." Sebagian ulama
juga ada yang tidur kemudian bermimpi dan dia ditanya tentang keadaannya , lalu
dia menjawab: "Aku tertahan oleh satu ucapan yang aku katakan (yaitu : pent) ,
Aku pernah mengatakan , 'Oh , betapa butuhnya orang-orang ini akan hujan'. Tiba-tiba ada yang berkata kepadaku , 'Dari mana kamu tahu itu? Akulah yang lebih
tahu akan kemaslahatan hambaKu'."
Seorang sahabat ada yang berkata pada pembantunya: "Tolong ambilkan kain
untuk kita bermain-main."lalu dia berkata: "Astaghfirullah , aku tidak pernah
mengucapkan kata-kata kecuali aku pasti mengendalikan dan mengekangnya ,
terkecuali kata-kata yang tadi aku katakan , keluar dari lidahku tanpa kendali dan
tanpa kekang ..."
Anggota tubuh manusia yang paling mudah digerakkan adalah lidah , tapi dia juga
yang paling berbahaya pada manusia itu sendiri ...
Ada perbedaan pendapat antara ulama salaf dan khalaf dalam masalah; apakah
semua yang diucapkan oleh manusia itu semua akan dicatat ataukah ucapan yang
baik dan yang jelek saja? Di sini ada dua pendapat , namun yang lebih kuat adalah
yang pertama.
Sebagian ulama salaf mengatakan: "Semua perkataan anak Adam itu akan
berdampak negatif kepadanya dan tidak akan berdampak positif kecuali ucapan
yang dari Allah dan ucapan yang membela-Nya."
Abu Bakar Ash-Shiddiq pernah memegang lidahnya dan berkata: "Inilah yang
memasukkan aku ke dalam berbagai masalah". Ucapan itu adalah tawanan Anda ,
bila dia sudah keluar dari mulut Anda berarti Andalah yang menjadi tawa-
nannya. Allah I selalu memonitor lidah setiap kali berbicara:
"Tidak suatu ucapanpun yang diucapkan kecuali ada di dekatnya malaikat
pengawas yang selalu hadir."(Qaf: 18).
Bahaya Lidah
Pada lidah itu terdapat dua penyakit besar. Bila seseorang bisa selamat dari salah
satu penyakit itu maka dia tidak bisa lepas dari penyakit yang satunya lagi , yaitu;
penyakit berbicara dan penyakit diam. Dalam satu kondisi , bisa jadi salah satu
dari keduanya akan mengakibatkan dosa yang lebih besar dari yang lain. Orang
yang diam terhadap kebenaran adalah setan yang bisu , dia bermaksiat kepada
Allah , serta bersikap riya'dan munafik bila dia tidak khawatir hal itu akan
menimpa dirinya. Begitu pula orang yang berbicara dengan kebatilan , adalah setan
yang berbicara , dia bermaksiat kepada Allah. Kebanyakan orang sering keliru
ketika berbicara dan ketika mengambil sikap diam. Mereka itu selalu berada di
antara dua posisi ini.
Adapun orang-orang yang ada di tengah-tengah -yaitu mereka yang berada pada
jalan yang lurus- sikap mereka adalah menahan lidah mereka dari ucapan yang
batil dan membiarkannya berbicara dalam hal-hal yang dapat membawa manfaat
pada mereka di akhirat. Sehingga Anda tidak akan melihat mereka mengucapkan
kata-kata yang sia-sia tanpa manfaat , apa lagi sampai mengucapkan kata-kata
yang akan membahayakan mereka di akhirat nanti. Sesungguhnya ada seorang
hamba yang akan datang pada hari kiamat dengan pahala kebaikan sebesar
gunung , namun dia dapati lidahnya sendiri telah menghilangkan pahala tersebut.
Dan ada pula yang datang dengan dosa-dosa sebesar gunung , namun dia dapati
lidahnya telah menghilangkan itu semua dengan banyaknya dzikir kepada Allah
dan apa yang berhubu ngan dengannya.
Al-Khathawat (Langkah Nyata Untuk Sebuah Perbuatan)
Adapun tentang Al-Khathawat(langkah nyata untuk sebuah perbuatan) , hal ini
bisa dicegah dengan komitmen seorang hamba untuk tidak menggerakkan kakinya
kecuali untuk perbuatan yang bisa diharapkan mendatangkan pahala-Nya , bila
ternyata langkah kakinya itu tidak akan menambah pahala , maka mengurungkan
langkah tersebut tentu lebih baik baginya. Dan sebenarnya bisa saja seseorang
memperoleh pahala dari setiap perbuatan mubah yang dilakukannya dengan cara
meniatkannya untuk Allah I , dengan demikian maka seluruh langkahnya akan
bernilai ibadah.
Ketergelinciran pada perbuatan salah itu ada dua macam; tergelincir kaki dan
tergelincir lidah. Oleh karenanya dua macam ketergelinciran ini digandengkan oleh
Allah dalam firmanNya:
"Dan hamba-hamba Ar-Rahman , yaitu mereka yang berjalan di atas bumi dengan
rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka , mereka mengucapkan
kata-kata (yang mengandung) keselamatan."(Al-Furqan: 63).
Di sini Allah menjelaskan bahwa sifat mereka itu adalah istiqamah dalam ucapan-ucapan dan langkah-langkah mereka. Sebagaimana Allah juga menggandengkan
antara Al-Lahadzat(pandangan) dan Al-Khatharat(lintasan pikiran) dalam
firmanNya:
"Allah mengetahui khianat mata dan apa yang disembunyikan oleh hati."(Ghafir:
19).
Semua hal yang kami sebutkan di atas adalah sebagai pendahuluan bagi
penjelasan akan diharamkannya zina dan kewajiban menjaga kemaluan ,
Rasulullah bersabda:
"Yang paling banyak memasukkan orang ke dalam Neraka ialah lidah dan
kemaluan."
Dan dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslimdari Nabi :
"Tidak dihalalkan darah seorang muslim kecuali dengan tiga hal; Orang yang sudah
kawin lalu berzina , jiwa dengan jiwa (qishah karena membunuh orang) dan orang
yang meninggalkan agamanya serta meninggalkan jama'ah."
Dalam hadits ini ada penggandengan antara zina dengan kufur dan membunuh
jiwa , persis seperti yang terdapat dalam ayat pada surat Al-Furqan , juga seperti
yang ada dalam hadits Ibnu Mas'ud.
Penggandengan Antara Zina , Kufur , Dan Membunuh Jiwa
Dalam hadits di atas Nabi menyebutkan hal yang paling banyak terjadi secara
berurutan. Perbuatan zina itu lebih sering terjadi dibanding dengan pembunuhan ,
dan pembunuhan lebih sering terjadi dibanding dengan riddah(keluar dari Islam).
Dan kerusakan yang ditimbulkan oleh zina sungguh bertolak belakang dengan
kemaslahatan dalam kehidupan. Sebab , bila seorang wanita telah melakukan zina
berarti ia telah membuat aib keluarga , suami dan kerabatnya serta mencoreng
wajah mereka di hadapan orang-orang. Bila dia sampai hamil kemudian
membunuh anaknya , berarti dia telah menggabungkan perbuatan zina dengan
pembunuhan , dan jika setelah hamil ia tetap dengan suaminya , berarti dia telah
memasukkan pada keluarga si suami dan keluarga si wanita sendiri orang lain
yang bukan bagian dari keluarga. Dan masih banyak lagi kerusakan-kerusakan
lain yang ditimbulkan oleh zina. Jika yang berzina itu adalah seorang pria , maka
hal ini -selain hal yang di atas- juga akan menyebabkan simpang siurnya
hubungan nasab , kemudian merusak kehormatan wanita yang terjaga dan
menjadikannya hancur. Jadi , di belakang perbuatan keji ini (zina) terdapat
kerusakan dunia dan agama sekaligus. Sungguh betapa banyak pelanggaran
terhadap larangan-larangan (pelecehan terhadap kehormatan) , penyia-nyiaan hak
orang dan penganiayaan yang ada di balik perbuatan zina.
Di antara dampak yang ditimbulkan oleh zina adalah bahwa zina dapat
mendatangkan kefakiran , memperpendek umur dan membuat wajah pelakunya
suram serta mendatangkan kebencian orang.
Termasuk di antara dampaknya pula , bahwa zina itu dapat menghancurkan hati ,
membuatnya sakit kalau tidak sampai mematikannya , juga mendatangkan
perasaan gundah gelisah dan takut , serta menjauhkan pelakunya dari malaikat
dan mendekatkannya kepada setan. Tak ada bahaya -setelah bahaya perbuatan
membunuh- yang lebih besar dari bahaya zina. Oleh karenanya , untuk
menghukum pelaku perbuatan zina ini Allah mensyari'atkan hukuman bunuh
(rajam) dengan cara yang mengerikan. Bila ada seseorang yang mendengar kabar
bahwa isterinya dibunuh orang , tentu kabarnya lebih ringan dibanding dia
mendengar bahwa isterinya berbuat zina.
Sa'ad bin Ubadah radhiallaahu anhu berkata: "Sekiranya aku melihat seorang pria
berzina dengan isteriku , tentu aku akan memenggal lehernya dengan pedang
tanpa pikir panjang lagi." Maka sampai perkataan ini kepada Rasulullah , lalu
beliau bersabda:
"Apakah kalian heran dengan kecemburuan Sa'ad? Demi Allah , sungguh aku ini
lebih cemburu dari dia , dan Allah lebih cemburu dari aku , dan oleh karena betapa
agungnya kecemburuan Allah , maka Dia haramkan segala perbuatan keji , baik
yang lahir maupun yang batin."(Muttafaq 'alaih).
Dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim , juga diriwayatkan dari Nabi :
"Sesungguhnya Allah itu cemburu , dan sesungguhnya seorang mukmin itu juga
cemburu. Dan kecemburuan Allah itu akan timbul bila seorang hamba melakukan
apa yang diharamkan kepadanya."
Dalam hadits Al-Bukhari dan Muslim , juga diriwayatkan dari Nabi :
"Tak ada seseorangpun yang lebih pencemburu dari Allah , oleh karena itu Allah
mengharamkan perbuatan-perbuatan keji , yang lahir maupun yang batin. Tak ada
seorangpun yang lebih senang menerima udzur (permohonan maaf) dari Allah , oleh
karena itu Dia mengutus para rasul untuk memberikan kabar gembira dan
peringatan. Tak ada seorangpun yang lebih senang dipuji melebihi Allah , oleh
karena itu Dia memuji diriNya sendiri."
Juga dalam kitab Ash-Shahihain , diriwayatkan khutbah Nabi di saat shalat
gerhana matahari , beliau bersabda:
"Hai umat Muhammad , demi Allah , tak ada satupun yang lebih pencemburu dari
Allah ketika ada seorang hambaNya yang laki-laki atau perempuan berbuat zina.
Hai umat Muhammad , demi Allah , sekiranya kalian mengetahui seperti apa yang
aku ketahui tentu kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis." Kemudian
beliau mengangkat kedua tangannya seraya berkata: "Ya Allah , adakah aku sudah
sampaikan."
Disebutkannya perbuatan dosa besar ini secara khusus setelah shalat gerhana
matahari mengandung isyarat rahasia yang menakjubkan; dan semaraknya
fenomena zina ini merupakan tanda rusaknya alam ini , dan itu semua adalah
salah satu tanda Kiamat; seperti yang disebutkan dalam Ash-Shahihain , dari Anas
bin Malik bahwa dia berkata: Aku akan menceritakan pada kalian sebuah hadits
yang tidak akan ada orang yang akan menceritakannya pada kalian setelah aku.
Aku mendengar Rasulullah bersabda:
"Di antara tanda-tanda Kiamat yaitu bila ilmu (syar'i) menjadi sedikit(kurang) , dan
kebodohan menjadi tampak serta zina juga menyebar (di mana-mana). Pria
jumlahnya sedikit dan kaum wanita jumlahnya banyak sehingga untuk lima puluh
wanita (perbandingannya) satu orang pria."
Salah satu sunnatullahyang diberlakukan pada makhlukNya , yaitu bahwa ketika
zina mulai tampak di mana-mana , Allah akan murka dan kemurkaanNya sangat
keras , maka secara pasti kemurkaan itu akan berdampak pada bumi ini dalam
bentuk adzab dan musibah yang diturunkan.
Abdullah bin Mas'ud berkata: "Tidaklah merajalela riba dan zina di sebuah daerah ,
melainkan Allah memaklumkan untuk dihancurkan."
Seorang pendeta Bani Israil pernah melihat anaknya sedang merayu seorang
perempuan , lalu dia berkata: "Sebentar , wahai anakku!" Kemudian sang ayah itu
pingsan di atas tempat tidurnya lalu meninggal , sementara isterinya jatuh dan
dikatakan kepadanya: "Beginilah cara engkau marah untukku? Sungguh , orang
sejenis kamu itu tidak mengandung kebaikan selamanya."
Pengkhususan Hukuman Zina Dengan Tiga Hal
Allah mengkhususkan hukuman bagi perbuatan zina dibandingkan dengan
hukuman-hukuman lainnya dengan tiga hal.
Pertama , hukuman zina adalah dibunuh (dirajam) dengan cara yang mengerikan.
Dalam hukuman zina yang ringan saja , Allah menggabungkan antara hukuman
terhadap fisik dengan cambuk dan hukuman terhadap hati/mentalnya dengan
cara diasingkan dari negerinya selama satu tahun.
Kedua , Allah melarang hamba-hambaNya untuk merasa kasihan kepada para
pelaku zina sehingga mencegah mereka untuk memberlakukan hukuman kepada
para pezina itu. Sebab , Allah mensyari'at kan hukuman tersebut didasarkan pada
kasih sayang dan rahmatNya pada mereka. Allah itu sangat sayang kepada kalian ,
namun kasih sayang tersebut tidaklah mencegah Allah untuk memerintahkan
berlakunya hukuman ini. Oleh karenanya janganlah kasih sayang yg ada di hati
kalian itu mencegah kalian untuk melaksanakan perintah Allah.
Hal ini -walaupun sebenarnya juga berlaku pada seluruh macam hukuman
(hudud)yang disyari'atkan- namun disebutkan dalam hukuman zina suatu
kekhususan , karena memang sangat penting untuk disebutkan di sini , sebab
kebanyakan orang tidak mempunyai perasaan marah dan sikap kasar terhadap
pezina seperti sikap mereka pada pencuri , atau orang yang menuduh berbuat zina
atau pemabuk. Hati mereka cenderung lebih kasihan pada pezina ketimbang
kepada para pelaku dosa lainnya. Dan realita membuktikan hal itu. Oleh karena
itu Allah melarang mereka , jangan sampai rasa kasihan mereka itu membuat tidak
diberlakukannya hukuman Allah .
Mengapa rasa kasihan pada mereka itu timbul? Penyebabnya yaitu karena
perbuatan zina ini bisa terjadi pada orang golongan atas , menengah dan bawah.
Kemudian , dalam jiwa manusia itu terdapat dorongan yang kuat untuk
melakukannya (melampiaskan libido. pent) dan orang yang melakukannya juga
berjumlah banyak. Dan yang paling ba- nyak menjadi penyebabnya ialah cinta;
sementara hati manusia itu secara tabiat , punya perasaan kasihan pada orang
yang sedang jatuh cinta , bahkan banyak di antara mereka yang siap memberikan
bantuan pada mereka , walaupun sebenarnya bentuk dari percintaan itu termasuk
yang diharamkan. Dan hal seperti ini sudah tidak dipungkiri lagi. Dan hal itu
memang sudah diakui oleh orang-orang.
Selain itu juga , perbuatan dosa ini (zina)kebanyakan terjadi dengan adanya suka
sama suka dari kedua belah pihak , bukan dengan pemaksaan , penganiayaan dan
lainnya yang membuat jiwa orang-orang itu geram.
Dalam hal ini , syahwat banyak berpengaruh , sehingga timbullah perasaan kasihan
yang mungkin akan menghambat ditegakkannya hukuman Allah I. Ini semua
timbul dari iman yang lemah. Kesempurnaan iman itu dapat dicapai dengan
adanya kekuatan yang dengan itu perintah Allah dapat ditegakkan , juga adanya
rahmat (kasih sayang) terhadap orang yang dijatuhi hukuman tersebut , sehingga
dia bisa sejalan dengan Allah dalam perintah dan rahmatNya.
Ketiga , Allah memerintahkan agar hukuman terhadap pelaku zina (baik itu
cambuk ataupun rajam , pent) hendaknya dilakukan di hadapan khalayak orang-orang mukmin , bukan di tempat yang sepi sehingga tidak ada orang yang dapat
menyaksikannya. Hal ini dilakukan agar hukuman tersebut lebih efektif untuk
tujuan "zajr"(membuat jera pelaku dan membuat takut orang lain melakukannya).
Hukuman bagi pezina yang "muhshan"(sudah berkeluarga) diambil dari hukuman
Allah terhadap kaum Nabi Luth' u yang dilempar dengan batu. Yang demikian itu
karena perbuatan zina dan liwath(homoseks yang dilakukan kaum Nabi Luth' u)
adalah sama-sama perbuatan fahisyah(keji dan kotor). Keduanya dapat
menimbulkan kerusakan yang bertentangan dengan hikmah Allah di dalam
penciptaan perintahNya. Kerusakan dan bahaya yang ditimbulkan oleh praktek
liwath(homosex) itu sungguh sulit untuk dihitung. Orang yang menjadi korban
perbuatan tersebut lebih pantas dan lebih baik untuk dibunuh saja; sebab dia itu
mengalami kerusakan yang tidak bisa diharapkan untuk baik kembali selamanya.
Semua kebaikannya sudah hilang. Bumi sudah menyerap habis rasa malu dari
mukanya , sehingga dia tidak akan malu lagi kepada Allah , juga kepada
makhlukNya. Hati dan jiwa orang tersebutsudah dipengaruhi oleh sperma pelaku
liwathseperti berpengaruhnya racun dalam tubuh seseorang.
Ada perbedaan pendapat di antara sebagian orang; apakah orang yang menjadi
pelaku liwathitu bisa masuk Surga atau tidak? Dalam hal ini ada dua pendapat.
Aku mendengar Syaikhul Islam , Ibnu Taimiyah pernah mengungkapkan dua
pendapat ini.
Mereka yang mengatakan tidak akan masuk Surga memberikan hujjahdengan
beberapa hal:
Di antaranya , bahwa Nabi bersabda:
"Tidak akan masuk Surga anak seorang pezina."
Bila nasib dan kondisi anak hasil zina sudah demikian , padahal dia tidak
mempunyai dosa apa-apa , hanya saja dia dicurigai sebagai tempat berbagai
kejelekan dan kekotoran , serta dia pantas untuk tidak mendatangkan kebaikan
apa pun selamanya , disebabkan karena dia tercipta dari nuthfah(sperma) yang
kotor; bila tubuh yang tumbuh menjadi besar dengan barang yang haram saja
sangat pantas untuk masuk api Neraka , maka bagaimana lagi dengan tubuh yang
memang tercipta dari sperma yang haram?
Mereka mengatakan: Orang yang menjadi pelaku liwathitu lebih jelek dari anak
hasil zina , lebih hina dan lebih kotor pula. Dia itu memang pantas untuk tidak
mendapat taufik kebaikan. Dia juga pantas dihalangi untuk mendapatkan taufik
tersebut. Dan setiap kali dia melakukan amal yang baik , maka Allah akan
menggandengkannya dengan amalan lain yang dapat merusaknya , sebagai
hukuman baginya. Dan memang jarang kita dapati bahwa orang yang sudah
seperti itu di masa kecilnya , kecuali dia akan lebih parah di masa tuanya. Dia
tidak berhasil mendapatkan ilmu yang bermanfaat , amal yang shalih dan taubat
yang nashuha.
Namun setelah diteliti , yang lebih pas untuk dikatakan dalam masalah ini , yaitu
bahwa bila orang tersebut bertaubat dan kembali kepada Allah , kemudian
mendapatkan karunia taubat yang nashuhaserta amal yang shalih , lalu
kondisinya di masa tua lebih baik dari kondisi di masa kecilnya , lalu merubah
perbuatan-perbuatan jeleknya dengan berbagai macam kebaikan serta mencuci
aibnya dengan beragam ketaatan dan pendekatan diri kepada Allah , juga menjaga
pandangan matanya , menjaga kemaluannya dari yang haram dan benar-benar
jujur kepada Allah dalam mu'amalah-nya , maka orang yang semacam ini akan
mendapat ampunan dan dia akan termasuk ahli Surga. Sebab , Allah Maha
mengampuni seluruh dosa. Bila taubat itu -kita ketahui- dapat menghapus segala
macam dosa , sampai dosa syirik kepada Allah , membantai para nabi dan para
waliNya , atau sihir , kufur dan lain semacamnya , maka kita tidak boleh membatasi
penghapusan terhadap dosa yang satu ini , padahal , dengan keadilan dan karunia
Yang Maha Kuasa , hikmah Allah menetapkan bahwa:
"Orang yang bertaubat dari dosanya sama seperti orang yang tidak berdosa."
Dan Allah sendiri telah memberikan jaminan bahwa barangsiapa yang bertaubat
dari perbuatan syirik , pembunuhan jiwa dan zina , Allah akan mengganti
perbuatan-perbuatan jeleknya dengan kebaikan-kebaikan , dan ini adalah
ketentuan hukum yang umum mencakup setiap orang yang bertaubat dari
berbagai macam dosa.
Allah berfirman:
"Katakanlah: Wahai hamba-hambaKu yang aniaya terhadap diri mereka , janganlah
kalian putus asa akan rahmat Allah , sesungguhnya Allah akan mengampuni
seluruh dosa , seungguhnya Dia Maha Pengampun dan Maha Pengasih."(Az-Zumar:
53) Dan tidak akan keluar dari keumuman ayat ini satu macam dosa pun. Namun
hal ini hanya khusus bagi mereka yang bertaubat.
Bila ternyata orang yang menjadi pelaku perbuatan liwathitu di masa tuanya
lebih jelek dari masa kecilnya , tidak mendapatkan karunia taubat nashuhadan
amal shalih , tidak segera mengganti ketaatan yang dia tinggalkan dan tidak pula
mau menghidupkan apa yang sudah ia matikan , juga tidak mengubah perbuatan-perbuatan jeleknya dengan kebaikan , maka orang semacam ini sulit untuk
mendapatkan husnul khatimahyang dapat memasukkannya ke dalam Surga di
saat akan meninggal kelak. Hal itu sebagai hukuman baginya. Sungguh Allah
memberikan hukuman atas perbuatan yang jelek dengan kejelekan lainnya ,
sehingga bertumpuklah hukuman perbuatan jelek yang akan diterimanya ,
sebagaimana Allah juga memberikan ganjaran bagi sebuah perbuatan baik dengan
perbuatan baik lainnya.
Para Pelaku Maksiat Dikhawatirkan Akan Mati Dalam
Su'ul Khatimah
Bila Anda perhatikan kondisi kebanyakan orang saat sakaratul maut menjemput ,
Anda akan melihat bahwa mereka terhalangi untuk mendapatkan husnul
khatimah , sebagai hukuman akibat perbuatan-perbuatan jelek mereka.
Al-Hafizh Abu Muhammad Abdul Haq bin Abdurrahman Asy-Syibli berkata :
"Ketahuilah bahwa su'ul khatimahitu -semoga Allah menjauhkan kita darinya-
mempunyai penyebab-penyebab. Ada jalan-jalan dan pintu-pintu yang
mengantarkan kepadanya. Penyebab , jalan dan pintu yang paling besar ialah larut
dalam urusan keduniaan , tidak acuh dengan urusan akhirat dan berani
melakukan maksiat kepada Allah. Bisa saja ada seseorang yang sudah terbiasa
melakukan kesalahan atau maksiat tertentu , atau sudah terbiasa tidak acuh dan
berani melakukan maksiat , sehingga menguasai hatinya , akalnya tertawan oleh
kebiasaan tersebut , pelita hatinya padam dan terbentuklah hijabyang dapat
menutupinya. Akibatnya , teguran tidak akan lagi berguna , nasihat tidak akan lagi
bermanfaat dan bisa saja kematian datang menjemput saat dia dalam keadaan
demikian. Lalu datanglah panggilan kebaikan dari sebuah tempat yang jauh ,
namun dia tidak dapat memahami maksudnya. Dia tidak tahu apa yang
diinginkan oleh panggilan itu , sekalipun orang yang meneriakkan panggilan itu
terus mengulangi dan mengulanginya lagi."
Diriwayatkan , bahwa ada seorang dari anak buah An-Nashir (salah seorang
pemimpin di masa Abbasiyah) yang sedang didatangi oleh sakaratul maut ,
kemudian anaknya berkata: "Ucapkanlah , 'Laa Ilaaha Illallah!" Orang itu berucap:
"An-Nashir adalah tuanku." Diulangilah permintaan itu kepadanya , namun
jawaban orang itu tetap sama. Tiba-tiba orang itu tidak sadarkan diri dan setelah
dia siuman , dia berucap lagi: "An-Nashir adalah tuanku." Begitulah terus
menerus. Setiap kali dikatakan kepadanya ucapan "Laa Ilaaha Illallah"dia malah
berucap: "An-Nashir adalah tuanku." Kemudian dia berkata pada anaknya: "Hai
Fulan , sesungguhnya An-Nashir itu dapat mengenalmu hanya dengan pedang dan
keberanianmu membunuh/ berperang" , kemudian dia meninggal dunia.
Abdul Haq berkata: "Pernah dikatakan juga pada orang lain -yang saya
mengenalnya-: "Ucapkanlah 'Laa Ilaaha Illallah' , tiba-tiba dia malah berucap:
"Tolong rumah yang di sana itu diperbaiki dan kebun yang di sana itu , tolong di
kerjakan ..."
Abdul Haq juga berkata: "Diantara riwayat dari Abu Thahir As-Silafiy yang dia
izinkan aku untuk meriwayatkannya , yaitu kisah bahwa ada seorang pria yang
edang sakaratul maut , kemudian dikatakan kepadanya: Ucapkanlah 'Laa Ilaaha
Illallah'. Namun dia malah mengucapkan kata-kata dengan bahasa Persia yang
artinya 'sepuluh dengan sebelas' (maksudnya , boleh berutang sepuluh tapi
bayarnya sebelas , pent)."
Dan pernah pula dikatakan pd orang lain lagi:Ucapkanlah 'Laa Ilaaha Illallah'.Dia
malah mengatakan "Mana jalan ke pemandian Manjab?" (nama pemandian).
Kata Abdul Haq: "Kata yang diucapkannya itu ada ceritanya. Suatu ketika ada
seorang pria yang sedang berdiri di depan rumahnya. Rumah tersebut pintunya
menyerupai pintu sebuah tempat pemandian , tiba-tiba lewat di situ seorang
wanita cantik dan bertanya , 'Mana jalan ke pemandian Manjab? Dia menjawab
(sambil menunjuk ke pintu rumahnya) , 'Ini dia pemandian Manjab itu!' Maka ,
wanita itu pun masuk ke dalam rumahnya sampai ke belakang. Setelah dia sadar
terjebak di rumah sang pria dan tahu bahwa dia sedang ditipu , dia pura-pura
menampakkan rasa gembira dan suka citanya karena pertemuannya dengan pria
itu. Kemudian wanita itu berkata , 'Sebaiknya (sebelum kita berkumpul) , engkau
harus mempersiapkan untuk kita apa-apa yang dapat membuat indah kehidupan
kita sekaligus menyenangkan hati kita'. Dengan segera pria itu menjawab ,
'Sekarang juga aku akan membawakan untukmu semua apa yang kamu inginkan
dan kamu senangi'. Lalu dia pergi ke luar dan meninggalkan si wanita dalam
rumah , namun tidak menguncinya. Kemudian dia pun mengambil apa yang dia
bisa bawa lalu kembali ke rumahnya. Tapi sayang , si wanita itu telah keluar dan
pergi. Sedikitpun wanita itu tidak mengambil apa-apa dari rumahnya. Pria itu
akhirnya menjadi mabuk kepayang dan selalu ingat pada wanita tadi. Dia berjalan
di lorong-lorong dan gang-gang sambil mengatakan:
"Ya Tuhanku , suatu hari , di kala sudah lelah dia bertanya , 'Mana jalan ke
pemandian Manjab?'.
Suatu saat , di waktu dia mengucapkan bait syair tadi , ada seorang wanita -dari
jendela pintu rumahnya- berkomentar:
"Mengapa -di saat sudah mendapatkannya- tidak dengan segera engkau menutup
rumah itu atau mengunci pintunya?"
Mendengar itu , mabuk kepayangnya tambah menjadi-jadi. Begitulah terus
ondisinya sehingga bait syair itu menjadi kata-kata terakhirnya saat meninggal
dunia."
Suatu malam , Sufyan Ats-Tsauri menangis sampai pagi. Di pagi itu , ada yang
bertanya kepadanya: "Adakah semua yang kau lakukan ini karena takut akan
dosa?" Lalu Sufyan mengambil segenggam tanah seraya berkata: "Dosa itu lebih
ringan dari batu ini , aku menangis karena takut akan su'ul khatimah."
Sungguh , ini adalah pemahaman yang sangat baik , bila seseorang itu khawatir
bahwa dosa-dosanya akan membuatnya terhina di kala meninggal dunia nanti ,
sehingga dia terhalang untuk memperoleh husnul khatimah .
Al-Imam Ahmad pernah menyebutkan bahwa Abu Darda' di saat sakaratul maut
datang , dia pingsan tak sadarkan diri , kemudian dia siuman dan membaca:
"Dan (begitulah) Kami memalingkan hati dan penglihatan mereka seperti mereka
belum pernah beriman kepadanya pada permulaannya , dan Kami biarkan mereka
bergelimang dalam kesesatannya yang sangat."(Al-An'am: 110).
Dan oleh karena itu , para ulama salaf khawatir kalau dosa-dosa itu dapat
menghalangi mereka untuk memperoleh husnul khatimah.
Abdul Haq juga berkata:
"Ketahuilah bahwa su'ul khatimahitu -semoga kita dilindungi oleh Allah darinya-
tidak akan terjadi pada orang yang secaralahir dia istiqamah dan secara batin dia
shalih. Su'ul khatimahakan terjadi pada orang yang dasarnya sudah rusak atau
senantiasa melakukan dosa besar dan mengerjakan kemaksiatan. Barangkali hal
itu menjadi kebiasaannya , sehingga kematian datang menjemputnya sebelum
sempat bertaubat , akhirnya dia meninggal sebelum memperbaiki dirinya , urat
nadinya dicabut sebelum dia kembali pada Allah , sehingga saat itu setan berhasil
merenggut dan menyambarnya di saat yang genting tersebut. Na'udzu billah!"
Diriwayatkan bahwa -di Mesir- dulu ada seseorang yang selalu pergi ke mesjid
untuk adzan dan melakukan shalat. Wajahnya berwibawa dan penuh cahaya
ibadah. Suatu hari dia naik ke menara -seperti biasanya untuk adzan-. Di bawah
menara itu ada rumah seorang Nashrani , dia melongok ke dalam rumah tersebut ,
dan melihat anak perempuan pemilik rumah itu akhirnya dia tergoda dengannya ,
lalu dia tinggalkan adzan saat itu , turun menemuinya , dan masuk ke dalam
rumahnya. Anak perempuan itu bertanya: "Ada apa , apa yang kamu inginkan?"Dia menjawab: "Aku menginginkan kamu." Dia bertanya lagi: "Mengapa demikian?"Dia menjawab: "Sungguh , engkau telah menawan jiwaku dan menguasai seluruh relung hatiku." Perempuan itu berkata: "Aku tidak akan pernah memenuhi keinginanmu selamanya." Pria tadi menjawab: "Aku akan mengawinimu lebih dahulu." Perempuan itu berkata: "Engkau seorang muslim dan aku nashrani. Ayahku tidak akan mengawinkan aku denganmu. Lelaki itu berkata: "Aku akan masuk agama Nashrani!" Maka wanita itu berkata: "Jika kamu lakukan itu , maka aku mau!" Akhirnya lelaki itu resmi masuk Nashrani agar dapat kawin dengannya.Dia pun tinggal bersama mereka. Dan pada hari itu , dia naik ke loteng yang ada di rumah tersebut , kemudian dia jatuh dan langsung mati. Kasihan , dia tidak berhasil mendapatkan perempuan tersebut dan dia kehilangan agamanya."Diriwayatkan pula , ada seorang laki-laki yang senang kepada seseorang.Kesenangan dan kecintaannya sangat kuat , sehingga mampu menguasai hatinya.Bahkan , dia sampai jatuh sakit dan harus tidur beristirahat karenanya.Sementara orang yang dicintai itu tidak mau menemuinya. Dia benar-benar tidaksuka dan menjauh darinya. Sementara itu , orang-orang terus berusaha mempertemukan keduanya , sehingga , dia pun berjanji untuk menemuinya. Orang-orang datang membawa kabar tersebut , dia pun gembira dan sangat bersuka cita.
Kesempitan di dadanya pun terasa hilang. Jadilah dia menunggu pada waktu yangsudah ditentukan untuknya. Di saat itu , tiba-tiba datang orang yang akanmempertemukan keduanya , lalu menyampaikan: "Dia sudah berangkat bersamaku sampai di tengah perjalanan , namun dia kembali lagi. Aku terus mendorong dan merayunya , tapi dia berkata , 'Orang itu ingat dan menyebut-nyebut aku dan dia pun gembira dengan kedatanganku. Namun aku tidak akan masuk ke tempat yang meragukan. Aku tidak akan mempersembahkan diriku untuk tempat-tempat yang mencurigakan.' Aku terus membujuknya , namun dia tidak mau dan terus pergi. Mendengar hal itu , orang yang sakit tadi langsung menjatuhkan diri dan kembali
sakit dengan kondisi yang lebih parah lagi dari sebelumnya. Tanda-tanda
kematian sudah tampak di wajahnya , saat itu dia mengatakan:
Wahai Salm , wahai penenang hati yang sakit. Wahai obat bagi tubuh yang kurus.
Keridhaanmu lebih diharapkan oleh hatiku ketimbang rahmat Allah Yang Maha
Pencipta dan Maha Mulia.
Maka (Abdul Haq Al-Asyibly) berkata kepadanya: "Wahai Fulan , takutlah engkau kepada Allah!!" Dia menjawab: "Semuanya sudah terjadi." Akhirnya aku meninggalkannya. Dan tidak sampai aku melewati pintu rumahnya ,hingga aku mendengar dengan nyaring suara kematian. Kita berlindung kepada Allah dari su'ul khatimah.
0 Response to "KAJIAN ISLAMI TENTANG JANGAN DEKATI ZINA |BAHAYA ZINA | TEORI PENDIDIKAN"
Post a Comment