MATERI KEPERAWATAN PENGERTIAN TEORI DAN MODEL KONSEPTUAL KEPERAWATAN KELUARGA | TEORI PENDIDIKAN
PENGERTIAN TEORI DAN MODELKONSEPTUAL KEPERAWATAN KELUARGA
PENGERTIANTEORI DAN MODEL KONSEPTUAL
Definisi
§ Teori adalah suatu sel interaksikontruksi (konsep) , definisi dan proposisi yang menghasilkan suatu pandangansistemik dan fenomena dan pengkhususan hubungan antara variable dengan tujuanyang menjelaskan dan memprediksikan fenomena (kerlinjger , 1979 , hal 9)
§ Teori adalah deskripsi ataupenjelasan tentang fenomena dan hubungan antara fenomena-fenomea tersebut(steven , 1979)
§ Konsep adalah suatu yang dihasilkandengan abtraksi atau pemisahan karakteristik ide-ide , menempatkan pada kelasatau pola.
§ Model konseptual adalah sala satu yangmencerminkan realita dengan menempatkan kata-kata yang merupakan konsep kedalam model dengan cara yang sama dengan pembuat model pesawat mode pesawat memasangsayap ,badan pesawat dan cockpit.
§ Model konseptual adalah suatukerangka kerja konseptual , sistem atau skema yang menerangka tentangserangkaina ide global tentang keterlibatan individu , kelompok , situasi ataukejadian , terhadap suatu ilmu dan pengembangannya.
Antara model dan teori ada suatukesamaan dalam pengertian , namun sebenarnya berbeda dalam beberapa haldiantaranya pada tingkat abstraknya.
−Model konseptual memakai system dengan abstrak yang t inggi dari model konsep global dandalil-dalil.
−Model konseptual tidak dapat diuji secara langsung karena konsepnya tidakterdefinisi secara operasional , namun hubunganya dapat diobsevasi.
− Teoriberfokus pada satu atau lebih konsep dan pernyatan yang konkret dan spesifik.
− Teoridapat didefinsikan secara operasioal dan dinyatakan secara jelas , sertadiformulasi suatu hypotesa sehingga dapat diuji melalui riset.
MODEL KONSETUAL KEPERAWATAN KEUARGA
Model keperawatan adalah jenis model konseptualyang menerapkan kerangka kerja konseptual terhadap pemahaman keperawatan danbimbingan praktik keperawatan.
Model konseptualkeperawatan menguraikan situasi yang terjadi dalam suatu lingkungan ataustresor yang mengakibatkan seseorang individu berupa menciptakan perubahan yangadaptif dengan menggunakan sumber-sumber yang tersedia. Model konseptualkeperawatan mencerminkan upaya menolong orang tersebut
mempertahankankeseimbangan melalui pengembangan mekanisme koping yang positif untuk mengatasistressor ini.
Model konseptualkeperawatan telah memperjelas kespesifikan area fenomena ilmu keperawatan yangmelibatkan empat konsep yaitu manusia sebagai pribadi yang utuh dan unik.Konsep kedua adalah lingkungan yang bukan hanya merupakan sumber awal masalahtetapi juga perupakan sumber pendukung bagi individu. Kesehatan merupakankonsep ketiga dimana konsep ini menjelaskan tentang kisaran sehat-sakit yanghanya dapat terputus ketika seseorang meninggal. Konsep keempat adalahkeperawatan sebagai komponen penting dalam perannya sebagai faktor penentupulihnya atau meningkatnya keseimbangan kehidupan seseorang (klien)
Konseptualisasi keperawatan umumnya memandang manusia sebagai mahlukbiopsikososial yang berinteraksi dengan keluarga , masyarakat , dan kelompok laintermasuk lingkungan fisiknya. Tetapi cara pandang dan fokus penekanan padaskema konseptual dari setiap ilmuwan dapat berbeda satu sama lain , sepertipenenkanan pada sistem adaptif manusia , subsistem perilaku atau aspekkomplementer.
Konseptualisasi keperawatan umumnya memandang manusia sebagai mahlukbiopsikososial yang berinteraksi dengan keluarga , masyarakat , dan kelompok laintermasuk lingkungan fisiknya. Tetapi cara pandang dan fokus penekanan padaskema konseptual dari setiap ilmuwan dapat berbeda satu sama lain , sepertipenenkanan pada sistem adaptif manusia , subsistem perilaku atau aspekkomplementer.
Teori keperawatan dan model konseptual
§ Orientasi system.
- system periaku dari Johnson
- model konseptual system dari Neuman
§ Orientasi perkembangan.
- model konseptual perawtan diri dari Orem
§ Orientasi interaksi dansystem.
- model adaptasi dari Roy
- model system terbuka dari King
§ Orientasi system danperkembangan.
- model proses kehidupan dari Roger.
Model Sistem dari Neuman.
Padapublikasi Neuman taun 1970-an tentang model sistemnya , ia tidak membahaskeluarga. Dalam komplikasi akhir dari bab tentang model ini Neuman , disunting olehNeuman (1982) model terwsebut diperluas yang berhubungan dengan keluargasehingga penerima asuhan kepeerawatan termasuk keluarga. Dua bab dari naskahyang terakhir ini menerapkan model dari Neuman untuk system keluarga (Reed ,1982) dan terapi keluarga (Goldblum-Graff dan Greff , 1982). Dalam bab inikeluarga diuraikan sebagai target yang tepat baik untuk pegkajian danintervensi perimer , sekunder dan tersier. Proses keperawatan digunakan sebagaipenghubung antara teori keluarga dan praaktik. Keperawatan (Faw Cett , 1984). Belakanganini Mischke-Berkey dkk (1989) dengan tekun mengadaptasi model dari Neuman untukdigunakan dalam pengkajian dan intervensi keluarga. Model dari Neuma karenakonsep keluarga telah diidentifikasi dan diterapkan , tampak agak bermanfaatuntuk membimbing praktik keperawatan keluarga.
Model KonseptualPerawatan Diri dari Orem .
Teori orem tentang perawatandiri , kurangnya perawatan dari , system perawatan berorientasi pada individu.individu(klien) dianggap sebagai penerimaan asuhan kepaerawatanyang utama. Keluargadipandang sebagai factor syarat dasar bagi anggota keluarga (klien) atausebagai kontek utama di mana individu berfungsi. Perawat juga membantu memberiperawatan yang tidak mandiri (anggotakeluarga dewasa yang merawat individu yang tidak mandiri) dan dalammelaksanakan tugas ini mereka diaggap sebagai individu dari pada keluarga atau subsistem keluarga (Orem , 1983).
Model dari Orem
Model System Terbuka dariKing.
Kingmemandang keluarga sebagai system social dan konsep utama dalam modelnya.Keluargadiperlukan baik sebagai kontek maupun klien.
Kingmenjelaskan bahwa teori pencapaian tujuan bermanfaat bagi perawat bilaterpanggil untuk membantu keluarga dalam memelihara kesehatan mereka ataumengatasi masalah atau keadaan sakit (1983 hal. 1982). King terus menguraikanmodelnya sebagai perawat pembantu untuk membantu anggaota keluarga menyusuntujuan untuk mengatasi maslah dan megambil keputusan , karena model tersebut beroriantasipadasistemdan intervensi dengan perluasan isi keluarga yang lebih jauh , modeltersebut cukup bermanfaat dalam keperawatan keluarga.
ModelAdaptasi dari Roy.
Roymenjelaskan bahwa keluarga dan juga individu , kelompok , organisasi , social ,serta komunitas dapat dijadikan unit analisisdan focus praktik keperawatan ,karena para perawat mengkaji orang sebagai system yang adaptif , meraka perlumengkaji keluarga bila keluarga merupakan focus perawatan..Intervensi keperawatanmempertinggi stimulasi (fokal , konstektual dan residual) untuk meningkatkanadaptasi dari system keluarga (Roy 1983 ,hal 275). Perbaikan da perluasan konsepkeluarga lebih lanjut sangat diperlukan ,tetapi terdapat kongruensi danaplikabilitas yang mendasar dari model ini keperawatan keluarga Karena ituteori adaptasi dati Roy tampaknya jugatetap menjanjikan dalam batasan menguraikan atau menjelaskan fenomena keperawatankeluarga ,padahal Roy mengatakan bahwa masalah keperawatan melibatkan mekanisnmekoping yang tidak efektif , yang menyebabkan respon yang tidak efektif , merusakintegritas individu tersebut. Gagasan ini dapat diperluas hingga keunitkeluarga dimana pola koping keluarga yang tidak efektif menimbulkanmasalah-masalah yag berubungan dengan fungsi keluarga (Mc Cubbin dan Figley ,1983). Masalah teori ini menekankan promosi kesehatan dan pentingnya membantuklien dalam menipulasi lingkungan mereka , kedua gagasan tersebut memiliki artiyang penting daam kesehatan.
Bagan dari callista Roy : peoses adaptasi
Model Proses Kehidupan dariRoger.
Dalam teoriRoger , focus dari keperawatan adalahpada proses kehidupan umat mausia. Tujuan dari keperawatan adalah untukmeningkatkan interaksi simfonis anatara manusia dan lingkungannya (Meleis 1985). Dalam-dalamtulisan yang terdahulunya dari tahun 1970 hingga 1980 , roger tidak berbicaratentang keluarga. Tetapi pada tahun1983 Roger menegaskan bahwa model konseptualnya dapat diterapkan pada keluarga samaseperti pada induvidu. Bagi Roger , keluarga dikonseptualisasikan sebagai suatubidang energi keluarga yang tidak bisa dikurangi , bersifat empatdimensi ,negentropik , yang menjadi focus studi dalam keperawatan.Wall (1981) secara jelas memperlihatkan kongruensi dan aplikabilasi teori Roger untukpengkajian keluarga yang mengilustrasikan hal ini dengan menggunakan konsepRoger tentang saing melengkapi , resonansi dan helicy untuk meguraikan system keluarga. Peninggalan Roger inisecara jelas dikaitkan dengan teori sistem umum dan karena orientasi ini makaada suatu kesesuaian antara teori keperawatan dari Roger dan keperawatankeluarga.
Teorikeperawatan : latihan dasar untuk keperawatan professional
DAFTAR PUSTAKA
§ Stanhope , Marcia danJeanette Lancaster. 1997. Perawatankesehatan Masyarakat , Jilid 1 , Bandung .
§ Basford , Lynn dan oliver slevin. 2006. Teori Dan Praktik Keperawatan ,EGC , Jakarta .
§ www. Google , co , id.
§ Friedman , Marilyn M.1998. keperawatan keluarga.Edisi 3. EGC. Jakarta .
§ Geoger , Julia B.1990. Nursing Theories. Appleton andLange.
0 Response to "MATERI KEPERAWATAN PENGERTIAN TEORI DAN MODEL KONSEPTUAL KEPERAWATAN KELUARGA | TEORI PENDIDIKAN"
Post a Comment