PEDOMAN KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA BERPRESTASI YANG BAIK DAN BENAR 2015 | TEORI PENDIDIKAN
PEDOMAN KARYA TULIS ILMIAH
MAHASISWA BERPRESTASI
A. Pengertian:
Karya tulis Ilmiah yang dimaksudadalah merupakan tulisan ilmiah hasil dari kajianpustaka dari sumber terpercaya yang berisi solusi kreatif daripermasalahan yang dianalisis secara runtut dan tajam , serta diakhiri dengankesimpulan yang relevan.
B. Tema danTopik Tulisan
Cakupan tulisan terdiri dari bidang ilmu/teknologi/seni.Bidang yang ditulis tidak dibatasi oleh bidang yang ditekuninya dan mengacupada satu tema yaitu :
” Mahasiswa Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif ”
Berikut ini beberapa alternatiftopik yang dapat dipilih sebagai acuan :
1. Pendidikan untuk Semua
2. Peran Masyarakat pada Bidang Politik , Hukum , danKeamanan
3. Penaggulangan Kemiskinan
4. Iklim Investasi dan Dunia Usaha
5. Daerah Tertinggal , Terdepan , dan Tertular
6. Harmoni Sosial , Keberagaman dan Integrasi Bangsa
7. Energi Terbarukan
8. Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Bencana
9. Menuju Indonesia Sehat dan Sejahtera
10. Ketahanan Pangan
11. Pembangunan Infrastruktur dan Transportasi
12. Kreativitas , dan Inovasi Teknologi
C. Sifat dan Isi Tulisan
Sifat dan isi tulisan harusmemenuhi syarat-syarat sebagai berikut.
1. Kreatif danObjektif
a. Tulisan berisigagasan yang kreatif untuk memberikan solusi suatu permasalahan yang berkembangdi masyarakat yang merupakan hasil pemikiran secara divergen atau pemikiranyang terbuka dan komprehensif.
b. Tulisan tidakbersifat emosional atau tidak menonjolkan permasalahan subjektif.
c. Tulisan didukung oleh data dan/atau informasi dari sumber terpercaya.
d. Bersifat asli(bukan karya jiplakan)
2. Logis dan Sistematis
a. Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis danruntut.
b. Pada dasarnyakarya tulis ilmiah memuat unsur-unsur identifikasi masalah , analisis-sintesis ,kesimpulan dan rekomendasi.
3. Isi karya tulis berupa gagasan atau hasil kajian pustaka
4. Isi karya tulis ilmiah tidak harus sejalan dengan bidang ilmu yang sedang ditekuni mahasiswa.
5. Isi karya tulis ilmiah merupakan isu mutakhir
6. Karya tulis ilmiah belumpernah diikutsertakan dalam lomba karyatulis di tingkat manapun kecuali pada rangkaian pemilihan MahasiswaBerprestasi.
D. Dosen Pembimbing
Penulisan karya tulis ilmiahdianjurkan untuk dibimbing oleh seorang dosen secara intensif.
E. SistematikaPenulisan
Sistematika penulisan berisi rancangan yang teratursebagai berikut.
1. Bagian Awal
JUDUL KARYA ILMIAH
…………………………………………………
DIAJUKAN UNTUK
LOMBA MAHASISWA BERPRESTASI 2013
LOMBA MAHASISWA BERPRESTASI 2013
OLEH:
NAMA
NRP/NIM
UNIVERSITASKRISTEN PETRA
SURABAYA
LEMBARPENGESAHAN
KARYA TULIS ILMIAH
JUDULNYA ……………………………
OLEH:
NAMA
NRP / NIM
Surabaya , …………
Mengetahui , Dosen Pembimbing
Wakil Rektor
Bidang Kemahasiswaan
Bidang Kemahasiswaan
………………………… ..…………………..
Contoh Katapengatar
KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Tuhan yang telah memberikan berkat dan anugerah-Nya kepadapenulis ,
sehingga penulis dapat menyelesaikan Karya Tulis yang berjudul …………… denganbaik.
Karya Tulis ini berisikan tentang informasi …. (rangkuman/inti karyatulis). Diharapkan karya tulis ini dapat memberikan informasi kepada kita semuatentang ……..
Penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari sempurna , olehkarena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalupenulis harapkan demi kesempurnaan karya tulis ini.
Akhir kata , penulis sampaikan terima kasih kepada semua pihak yangtelah berperan serta dalam penyusunan karya tulis ini.
Surabaya , ………….
Penulis ( halaman i )
2. Bagian Inti (dimulaidengan halaman 1 , 2 , dst)
a. BAB I. Pendahuluan
Bagian Pendahuluan berisi: latar belakang danperumusan masalah , uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingindisampaikan , serta tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.
b. BABII. Telaah Pustaka
Telaah Pustaka berisi uraian yangmenunjukkan landasan teori dankonsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji , uraian mengenai pendapatyang berkaitan dengan masalah yang dikaji , uraian mengenai pemecahan masalahyang pernah dilakukan. (sumber-sumber yang menjadi dasar referensi penulis)
d. BABIV. Analisis dan Sintesis
Bagian ini berisianalisis-sintesis permasalahan didasarkan pada data dan/atau informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahanmasalah atau gagasan yang kreatif.
e. BABV. Kesimpulan dan Rekomendasi
Kesimpulan harus konsisten dengananalisis dan sintesis pada pembahasandan menjawab tujuan. Rekomendasi disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan diseminasi gagasanatau adopsi gagasan oleh masyarakat.
3. Bagian Akhir(bukan BAB)
Bagian akhir memuat DAFTAR PUSTAKA dan lampiran-lampiran jika diperlukan.
F. PersyaratanPenulisan
1. Naskah ditulisminimal 20 halaman dan maksimal 30 halaman , menggunakan Bahasa Indonesia bakudengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan , sederhana , jelas , satu kesatuan , menggunakan istilah yang mudahdimengerti , tidak menggunakan singkatan seperti tdk , tsb , yg , dgn ,dll. , sbb.
2. Naskah diketik1 ,5 spasi pada kertas berukuran A4 , (font 12 , Times New Roman Style).Jarak pengetikan antara bab dan subbab tiga spasi , subbab dan kalimat di bawahnyadua spasi.
3. Judul bab diketikdi tengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak empat cm dari tepi atastanpa digaris-bawahi.
4. Judul subbabditulis mulai dari sebelah kiri , huruf pertama setiap kata ditulis dengan hurufbesar (huruf kapital) , kecuali kata-kata tugas , seperti yang , dari , dan.
5. Judul anak subbabditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi satu cm yang diberi garis bawah.Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital) , kecualikata-kata tugas , seperti yang , dari , dan.Jika masih ada subjudul dalam tingkatan yang lebih rendah , ditulis seperti padatingkatan di atasnya , lalu diikuti oleh kalimat berikutnya.
6. Alinea barudiketik sebaris dengan baris di atasnya dengan jarak 2 spasi. Pengetikankutipan langsung yang lebih dari tiga baris diketik satu spasi menjorok kedalam dan semuanya tanpa diberi tanda petik. Sumber dinyatakan denganmenyebutkan nama penulis dan tahun dalam kurung. Sumber yang dikutip harusdicantumkan pada daftar pustaka.
0 Response to "PEDOMAN KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA BERPRESTASI YANG BAIK DAN BENAR 2015 | TEORI PENDIDIKAN"
Post a Comment