PEDOMAN KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA BERPRESTASI YANG BAIK DAN BENAR 2015 | TEORI PENDIDIKAN

PEDOMAN KARYA TULIS ILMIAH
MAHASISWA BERPRESTASI
A.  Pengertian:
Karya tulis Ilmiah yang dimaksudadalah merupakan tulisan ilmiah hasil dari kajianpustaka dari sumber terpercaya yang berisi solusi kreatif daripermasalahan yang dianalisis secara runtut dan tajam , serta diakhiri dengankesimpulan yang relevan.
B.  Tema danTopik Tulisan
Cakupan tulisan terdiri dari bidang ilmu/teknologi/seni.Bidang yang ditulis tidak dibatasi oleh bidang yang dite­kuninya dan mengacupada satu tema yaitu :
” Mahasiswa Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif ”
Berikut ini beberapa alternatiftopik yang dapat dipilih sebagai acuan :
1.      Pendidikan untuk Semua
2.       Peran Masyarakat pada Bidang Politik , Hukum , danKeamanan
3.       Penaggulangan Kemiskinan
4.       Iklim Investasi dan Dunia Usaha
5.       Daerah Tertinggal , Terdepan , dan Tertular
6.       Harmoni Sosial , Keberagaman dan Integrasi Bangsa
7.       Energi Terbarukan
8.       Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Bencana
9.       Menuju Indonesia Sehat dan Sejahtera
10.    Ketahanan Pangan
11.    Pembangunan Infrastruktur dan Transportasi
12.    Kreativitas , dan Inovasi Teknologi
C.  Sifat dan Isi Tulisan
Sifat dan isi tulisan harusmemenuhi syarat-syarat sebagai berikut.
1.      Kreatif danObjektif
a.     Tulisan berisigagasan yang kreatif untuk memberikan solusi suatu permasalahan yang berkembangdi masyarakat yang merupakan hasil pemikiran secara divergen atau pemikiranyang terbuka dan komprehensif.
b.     Tulisan tidakbersifat emosional atau tidak menonjolkan permasa­lahan subjektif.
c.      Tulisan didukung oleh data dan/atau informasi dari sumber terpercaya.
d.     Bersifat asli(bukan karya jiplakan)
2.       Logis dan Sistematis
a.      Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis danruntut.
b.     Pada dasarnyakarya tulis ilmiah memuat unsur-unsur identifikasi masalah , analisis-sintesis ,kesimpulan dan rekomendasi.
3.      Isi karya tulis  berupa gagasan atau hasil kajian pustaka
4.      Isi karya tulis ilmiah tidak harus sejalan dengan bidang ilmu yang sedang ditekuni mahasiswa.
5.       Isi  karya tulis ilmiah merupakan isu mutakhir
6.       Karya tulis ilmiah belumpernah diikutsertakan dalam lomba karyatulis di tingkat manapun kecuali pada rangkaian pemilihan MahasiswaBerprestasi.
D.  Dosen Pembimbing
Penulisan karya tulis ilmiahdianjurkan untuk dibimbing oleh seorang dosen secara intensif.
E.   SistematikaPenulisan
Sistematika penulisan berisi rancangan yang teratursebagai berikut.
1.       Bagian Awal
a.     Halaman Judul (huruf besar/kapital , mencantumkan namapenulis dan nomor induk dan perguruan tinggi asal ditulis dengan jelas , sertalogonya).

 


JUDUL KARYA ILMIAH
…………………………………………………


DIAJUKAN UNTUK
LOMBA MAHASISWA BERPRESTASI 2013



OLEH:
NAMA
NRP/NIM


UNIVERSITASKRISTEN PETRA
SURABAYA


b.     Lembar Pengesahan(memuat judul , nama penulis , dan nomor induk) ditandatangani oleh DosenPembimbing , dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan lengkap dengan stempelperguruan tinggi , diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan.

 


LEMBARPENGESAHAN

KARYA TULIS ILMIAH
JUDULNYA ……………………………


OLEH:
NAMA
NRP / NIM


Surabaya , …………

            Mengetahui ,                               Dosen Pembimbing
Wakil Rektor
Bidang Kemahasiswaan                    
                                                                                                            …………………………           ..…………………..


c.      Kata Pengantar dari penulis.
Katapengantar adalah mukaddimah /pengantar dari sebuah karya tulis.  Kata pengantar yang baik mencakup isidari keseluruhan karya tulis. Apa inti bahasan sebenarnya yang dibahas dalamkarya tulis tersebut. Di dalam katapengatar  juga bisadituliskan ucapanterimakasih kepada siapa saja yang pernah terlibat dalam pembuatan karya tulis ,misalkan terimakasih kepada Tuhan yang telah memberikan kesehatan selama prosespembuatan karya tulis tersebut.

Contoh Katapengatar
KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Tuhan yang telah memberikan berkat dan anugerah-Nya kepadapenulis ,
sehingga penulis dapat menyelesaikan Karya Tulis yang berjudul …………… denganbaik.
Karya Tulis ini berisikan tentang informasi …. (rangkuman/inti karyatulis). Diharapkan karya tulis ini dapat memberikan informasi kepada kita semuatentang ……..  
Penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari sempurna , olehkarena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalupenulis harapkan demi kesempurnaan karya tulis ini.
Akhir kata , penulis sampaikan terima kasih kepada semua pihak yangtelah berperan serta dalam penyusunan karya tulis ini.
Surabaya , ………….

Penulis                                                                                                                                              ( halaman i )

d.     Daftar Isi dandaftar lain yang diperlukan seperti DaftarGambar , Daftar Tabel , dan Daftar Lampiran.  (halaman ii , iii , dst)
e.       Ringkasan terdiri atas 500 – 750 kata ditulisdalam bahasa Indonesia (halaman iv , v ,dst). Dan Ringkasan dalam bahasa Inggris/asing ditulis secara terpisahuntuk keperluan penilaian kemampuan berbahasa Inggris/asing.
2.       Bagian Inti (dimulaidengan halaman 1 , 2 , dst)
a.                      BAB I. Pendahuluan
Bagian Pendahuluan berisi: latar belakang danperumusan masalah , uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingindisampaikan , serta tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.

b.                      BABII. Telaah Pustaka
Telaah Pustaka berisi uraian yangmenunjukkan landasan teori dankonsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji , uraian mengenai pendapatyang berkaitan dengan masalah yang dikaji , uraian mengenai pemecahan masalahyang pernah dilakukan. (sumber-sumber yang menjadi dasar referensi penulis)

c.                      BAB III. Metode Penulisan
Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar denganmeng­u­raikan secara cermat cara/prosedur pengumpulan data dan/atau informasi ,pengolahan data dan/atau informasi , analisis-sintesis , meng­ambil kesimpulan , serta merumuskan saran atau reko­men­da­si.

d.                      BABIV. Analisis dan Sintesis
Bagian ini berisianalisis-sintesis permasalahan dida­sarkan pada data dan/atau informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan alter­na­tif model peme­cahanmasalah atau gagasan yang kreatif.

e.      BABV. Kesimpulan dan Rekomendasi
Kesimpulan harus konsisten dengananalisis dan sintesis pada pem­bahasandan menjawab tujuan. Rekomendasi disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan diseminasi ga­gas­anatau adopsi gagasan oleh masyarakat.

3.      Bagian Akhir(bukan BAB)
Bagian akhir memuat DAFTAR PUSTAKA dan lampiran-lampiran jika diperlukan.
F.   PersyaratanPenulisan
1.     Naskah ditulisminimal 20 halaman dan maksimal 30 hala­man , menggunakan Bahasa Indonesia bakudengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan , sederhana , jelas , satu kesatuan , menggunakan istilah yang mudahdimengerti , tidak menggunakan singkatan seperti tdk , tsb , yg , dgn ,dll. , sbb.
2.     Naskah diketik1 ,5 spasi pada kertas berukuran A4 , (font 12 , Times New Roman Style).Jarak pengetikan antara bab dan subbab tiga spasi , subbab dan kalimat di bawahnyadua spasi.
3.     Judul bab diketikdi tengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak empat cm dari tepi atastanpa digaris-bawahi.
4.     Judul subbabditulis mulai dari sebelah kiri , huruf pertama setiap kata ditulis dengan hurufbesar (huruf kapital) , kecuali kata-kata tugas , seperti yang , dari , dan.
5.     Judul anak subbabditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi satu cm yang diberi garis bawah.Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital) , kecualikata-kata tugas , seperti yang , dari , dan.Jika masih ada subjudul dalam tingkatan yang lebih rendah , ditulis seperti padatingkatan di atasnya , lalu diikuti oleh kalimat berikutnya.
6.     Alinea barudiketik sebaris dengan baris di atasnya dengan jarak 2 spasi. Pengetikankutipan langsung yang lebih dari tiga baris diketik satu spasi menjorok kedalam dan semua­nya tanpa diberi tanda petik. Sumber dinyatakan denganmenyebutkan nama penulis dan tahun dalam kurung. Sumber yang dikutip harusdicantumkan pada daftar pustaka.



0 Response to "PEDOMAN KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA BERPRESTASI YANG BAIK DAN BENAR 2015 | TEORI PENDIDIKAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel