Kata Kerja Operasional untuk Merumuskan Indikator Pembelajaran di RPP
Indikator dalam sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan penanda pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Indikator tersebut ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan ketrampilan.
Indikator dalam RPP dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
Kata Kerja Operasional (KKO) indikator dimulai dari tingkatan berpikir mudah ke sukar, sederhana ke kompleks, dekat ke jauh, dan dari konkret ke abstrak (bukan sebaliknya). Kata kerja operasional pada KD benar-benar terwakili dan teruji akurasinya pada deskripsi yang ada di kata kerja operasional indikator pembelajaran.
Dalam menyusun RPP dan merumuskan indikator pembelajaran, seorang guru memerlukan kata kerja operasional sebagai langkah konkret untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berikut ini adalah daftar kata kerja operasional yang dapat digunakan dalam merumuskan indikator pembelajaran, baik menyangkut aspek Kognitif, Afektif, maupun Psikomotor.
Itulah pedoman dalam menggunakan kata kerja operasional yang digunakan untuk merumuskan indikator pembelajaran dalam menyusun RPP untuk mencapai tujuan pembelajaran dan mengukur keterlaksanaannya, mencangkup kompetensi aspek kognitif, afektif dan psikomotor.
Sumber: Sumber https://www.sekolahdasar.net/
Indikator dalam RPP dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
Kata Kerja Operasional (KKO) indikator dimulai dari tingkatan berpikir mudah ke sukar, sederhana ke kompleks, dekat ke jauh, dan dari konkret ke abstrak (bukan sebaliknya). Kata kerja operasional pada KD benar-benar terwakili dan teruji akurasinya pada deskripsi yang ada di kata kerja operasional indikator pembelajaran.
Dalam menyusun RPP dan merumuskan indikator pembelajaran, seorang guru memerlukan kata kerja operasional sebagai langkah konkret untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berikut ini adalah daftar kata kerja operasional yang dapat digunakan dalam merumuskan indikator pembelajaran, baik menyangkut aspek Kognitif, Afektif, maupun Psikomotor.
ASPEK KOGNITIF | |||
No | KOMPETENSI | INDIKATOR KOMPETENSI | |
1 | Knowledge (Pengetahuan) | Menyebutkan, menuliskan, menyatakan, mengurutkan mengidentifikasi, mendefinisikan, mencocokkan, memberi nama, memberi label, dan melukiskan. | |
2 | Comprehension (Pemahaman) | Menerjemahkan, mengubah, menggeneralisasi, menguraikan, menuliskan kembali, merangkum, membedakan, mempertahankan, menyimpulkan, mengemukakan pendapat, dan menjelaskan. | |
3 | Application (Penerapan) | Mengoperasikan, menghasilkan, mengubah, mengatasi, menggunakan, menunjukkan, mempersiapkan, dan menghitung. | |
4 | Analysis (Analisis) | Menguraikan, membagi-bagi, memilih, dan membedakan. | |
5 | Synthesis (Sintesis) | Merancang, merumuskan, mengorganisasikan, menerapkan, memadukan, dan merencanakan. | |
6 | Evaluation (Evaluasi) | Mengkritisi, menafsirkan, mengadili, dan memberikan evaluasi. | |
ASPEK AFEKTIF | |||
No | KOMPETENSI | INDIKATOR KOMPETENSI | |
1 | Receiving (Penerimaan) | Mempercayai, memilih, mengikuti, bertanya, dan mengalokasikan. | |
2 | Responding (Menanggapi) | Konfirmasi, menjawab, membaca, membantu, melaksanakan, melaporkan, dan menampilkan. | |
3 | Valuing (Penanaman nilai) | Menginisiasi, mengundang, melibatkan, mengusulkan, dan melakukan. | |
4 | Organization (Pengorganisasian) | Memverifikasi, menyusun, menyatakan, menghubungkan, dan mempengaruhi. | |
5 | Characterization (Karakterisasi) | Menggunakan nilai-nilai sebagai pandangan hidup, mempertahankan nilai-nilai yang sudah diyakini | |
ASPEK PSIKOMOTOR | |||
No | KOMPETENSI | INDIKATOR KOMPETENSI | |
1 | Observing (Pengamatan) | Mengamati proses, memberi perhatian pada tahap-tahap sebuah perbuatan, memberi perhatian pada sebuah artikulasi | |
2 | Imitation (Peniruan) | Melatih, mengubah, membongkar sebuah struktur, membangun kembali sebuah struktur, dan menggunakan sebuah model. | |
3 | Practicing (Pembiasaan) | Membiasakan perilaku yang sudah dibentuknya, mengontrol kebiasaan agar tetap konsisten. | |
4 | Adapting (Penyesuaian) | Menyesuaikan model, mengembangkan model, dan menerapkan model. |
Itulah pedoman dalam menggunakan kata kerja operasional yang digunakan untuk merumuskan indikator pembelajaran dalam menyusun RPP untuk mencapai tujuan pembelajaran dan mengukur keterlaksanaannya, mencangkup kompetensi aspek kognitif, afektif dan psikomotor.
Sumber: Sumber https://www.sekolahdasar.net/
0 Response to "Kata Kerja Operasional untuk Merumuskan Indikator Pembelajaran di RPP"
Post a Comment