12 Manfaat Jengkol untuk Kesehatan


Solusi Hidup Sehat - Jengkol sayuran yang identik dengan bau yang sangat menyengat dan khas. Tapi dengan bau nya inilah banyak membuat orang jadi penggemar jengkol termasuk admin...he..he... Pada postingan kali ini admin ingin berbagi informasi mengenai manfaat-manfaat jengkol untuk kesehatan. 
 Jengkol sayuran yang identik dengan bau yang sangat menyengat dan khas 12 Manfaat Jengkol untuk Kesehatan
Sumber Gambar: Klikdokter

Manfaat jengkol masih banyak yang belum diketahui oleh masyarakat, ternyata sayuran ini memiliki segudang manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Semoga lewat informasi ini bagi yang tidak suka dengan jengkol menjadi tertarik untuk mencoba memakan jengkol. 


Perlu diingat! Bagi penderita gangguan organ ginjal sebaiknya tidak mengkonsumsi jengkol karena akan semakin memperburuk organ ginjal. 

Porsi yang tepat untuk mengkonsumsi jengkol yaitu 3 hingga 10 gram saja per hari (manfaat.co.id).  

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari jengkol untuk kesehatan:

1. Merampingkan Perut
Bagi yang memiliki perut agak gendut atau gendut, jangan khawatir jengkol bisa dijadikan solusi untuk merampingkan perut anda. Jengkol memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa melancarkan BAB yang secara tidak langsung dapat merampingkan perut. Karena salah satu penyebab perut buncit atau gendut karena buang air besar yang tidak lancar dan tidak teratur. 

2. Mengontrol Kadar Gula Darah 
Bagi para penderita diabetes mengonsumsi jengkol dapat mengontrol gula darah. Jengkol memiliki kandungan zat gula, zat gula yang ada adalah paling mudah diurai sehingga aman buat penderita diabetes. 

3. Memperkuat Tulang dan Gigi
Jengkol memiliki zat-zat yang terkandung seperti: zat besi dan protein selain itu, kalsium dan fosfor. Kalsium dan fosfor merupakan dua zat yang sangat dibutuhkan tulang. Karena dapat mencegah tulang keropos (osteoporosis). Jadi dengan mengonsumsi jengkol dengan porsi yang cukup dapat memperkuat tulang anda. 

4. Mencegah Anemia 
Jengkol juga mengandung zat besi yang sangat berperan untuk mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel-sel dara merah dalam tubuh. 

5. Pembentukan Jaringan Tubuh
Jengkol juga mengandung protein yang dapat membantu pembentukan jaringan didalam tubuh. Dimana kandungan protein didalam jengkol lebih banyak. 

6. Mengatasi Penyakit Jantung Koroner
Jengkol merupakan salah satu makanan/sayuran yang bisa membuat pembuangan urine menjadi lancar. Bagi penderita penyakit jantung pembuatan urine yang lancar sangat baik. 

7. Mencegah Kecacatan pada Bayi
Jengkol juga mengandung asam folat yang dapat mencegah kecacatan bawaan pada bayi. 

8. Mencegah Diabetes 
Didalam jengkol terdapat "zat asam jengkolat". Zat asam ini berupa kristal-kritstal yang tidak larut dalam air. Karena jengkol bersifat dieretic (pembuangan urine menjadi lancar) sehingga tidak dianjurkan bagi penderita ganggual ginjal untuk mengkonsumsinya. Karena dikhawatirkan ginjal tidak akan mampu menyaring asam tersebut. 

9. Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi pada Janin yang Masih dalam Kandungan
Pertumbuhan tulang dan gigi pada janin dapat berjalan optimal karena kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi pada jengkol. 

10. Mengatasi Penyempitan Pembuluh Darah 
Jengkol juga mengandung mineral yang dapat melebarkan pembuluh darah yang tadinya menyempit serta mencegah pembuluh darah menyempit kembali. 

11. Mengatasi Sembelit 
Jengkol juga mengandung serat yang dapat mengatasi sembelit. sehingga memberikan bantuan pencernaan dan buang air besar. 

12. Menangkal Radikal Bebas 
Vitamin A dan C yang terkandung didalam jengkol dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebat penyait kanker. 


Barangkali menjadi pertanyaan buat kita, apakah jengkol memiliki efek samping?
Berikut ini penjelasannya yang admin simpulkan dari berbagai artikel kesehatan. 

1. Memakan jengkol dapat menciptakan masalah penampilan seperti menghasilkan bau mulut, keringat, feses dan urin. Jangan khawatir bau seperti itu bisa diatasi dengan membersihkan diri dengan peralatan kebersihan yang mengandung pengharum seperti, pasta gigi, sabun, cairan kumur dan lain sebagainya. Sedangkan untuk bau kencing dapat dibersikan dengan jumlah air yang cukup.

2. Jengkol juga dapat mengganggu kesehatan apa mengkonsumsi jengkol secara berlebihan yang dapat menyebabkan terjadinya penumpukan kristal di saluran urine (jengkolan). Ini terjadi karena jengkol mengandung asam jengkolat yang tinggi dan sulit larut di air. 

3. Mengkonsumsi jengkol secara berlebihan juga dapat menyebabkan efek ke jantung, ginjal, hati serta pankreas. 


Demikianlah seputar informasi mengenai manfaat jengkol untuk kesehatan yang telah admin simpulkan dari beberapa artikel kesehatan. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan kita semuanya serta selalu menjaga kesehatan. 



Sumber Referensi: https://manfaat.co.id/14-manfaat-jengkol-bagi-kesehatan, https://www.khasiatsehat.com/khasiat-dan-manfaat-jengkol/




0 Response to "12 Manfaat Jengkol untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel