RPP Tematik Kelas 1, Tema: Aku dan Keluargaku (10, 11, dan 12)
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 10, 11, dan 12
TEMA : AKU DAN KELUARGAKU
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU : 3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa (PKn).
§ Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat (IPS).
§ Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga.
§ Membedakan berbagai bunyi bahasa (BI).
§ Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun (BI).
§ Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun (BI).
§ Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat (BI).
§ Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf (BI).
§ Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf (BI).
§ Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar (Se - Bud).
§ Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia (Se - Bud).
§ Melafalkan lagu anak-anak (Se - Bud).
§ Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
§ Mengenal anggota tubuh (IPA).
§ Menceritakan cara merawat bagian tubuh (IPA).
§ Membilang banyak benda.
§ Mengurutkan banyak benda.
§ Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang (Mat).
§ Permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri (Orkes).
II. INDIKATOR
§ Mengidentifikasi macam-macam contoh keperbedaan (PKn).
§ Menjelaskan perbedaan jenis kelamin dalam keluarga.
§ Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah.
§ Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat (IPS).
§ Menyebutkan nama pendek dan nama panjang.
§ Menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga.
§ Membedakan berbagai bunyi bahasa (BI).
§ Menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah dan tempat tinggal) dg kalimat sederhana .
§ Menyebutkan nama orang tua dan saudara kandung.
§ Mengelompokkan berbagai jenis dan ukuran:bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.
§ Membuat gambar ekspresi berbagai tema imajinatif dengan unsur rupa.
§ Menentukan sumber bunyi.
§ Memberi makna pada hasil pengamatan (IPA).
§ Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan.
§ Membilang atau menghitung secara urut (Mat).
§ Menyebutkan banyak benda.
§ Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak.
§ Mendemontrasikan sikap tubuh yang benar dalam berbagai posisi (Orkes).
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan lagu "Aku Sayang Ibu" sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
§ Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku)
2. Kegiatan Inti
1) Mengajak semua siswa mengamati gambar anggota tubuh yang perlu dirawat dengan baik seperti:
§ Rambut harus keramas
§ Mata diberi penyegar/vitamin
§ Telinga dibersihkan
§ Gigi disikat
§ Kuku dipotong
§ Tangan yang ktoro harus dicuci
§ Alat-alat makan harus dicuci
§ Dan sebagainya
Bertanya jawab mengapa semua itu harus dilakukan? Dan bagaimana cara melakukannya.
2) Pada Bagian "Ayo Bercerita" siswa ditugaskan untuk membawa foto (bisa ibu, ayah, kakek atau siapa saja yang dikenal siswa) dan ditempelkan di dalam kotak pada halaman 17. Siswa diminta mengamati kartu huruf (guru bisa juga membuat kartu huruf yang lain selain yang ada di halaman tersebut)
3) Semua siswa diajak bermain kartu huruf dengan cara mengambil kartu huruf dan menyebutkannya di depan kelas (dengan cara dilombakan, siapa yang paling banyak menyebutkan kartu huruf akan mendapat hadiah permen) Setelah selesai berlomba
4) Semua siswa ditugaskan untuk menempelkan huruf-huruf itu di bahwa foto yang ada, sambil membacanya keras-keras, dan semua siswa ditugaskan menuliskannya di buku catatannya masing-masing dengan huruf sambung
5) sesuai petunjuk atau contoh dari guru (BI, PKn, Mat, IPS, IPA,Orkes)
6) Siswa dikelompokkan dengan cara mencari pasangan sebagaimana yang telah dilakukan sebelumnya,
7) Setelah mendapatkan pasangannya, semua pasangan ditugaskan mengamati gambar di halaman 18, dan menceritakan peristiwa yang ada pada gambar bersama pasangannya.
8) Setelah diperoleh ceritanya, semua siswa diminta kembali ke bangkunya sendiri, kemudian ditugaskan saling menceritakan peristiwa gambar tersebut kepada teman sebangkunya (apakah cerita yang dibangun dengan teman pasangan tadi sama dengan yang diceritakan kepada teman sebangkunya atau tidak) (BI, (BI, PKn, Mat, IPS, IPA,Orkes)
9) Semua kelompok pasangan ditugaskanmengerjakan tugas di halaman 18 dan mendeskripsikan nama benda-benda yang ada dan warnanya
10) Bertanya jawab dengan siswa (diskusi kelas) membahas peristiwa dalam gambar, apakah siswa pernah mengalami sebagaimana pada gambar tersebut? Dan apa yang harus dilakukan anak? (Pengembangan cerita siswa) (MAT, BI, (BI, PKn, Mat, IPS, IPA,Orkes)
11) Bagian "Ayo Berhitung" mengajak siswa untuk memahami Matematika dengan cara mengamati gambar, Guru menceritakan makna gambar dan bertanya jawab untuk mengidentifikasi siapa saja yang ada pada gambar. Bertanya jawab tentang isi peristiwa dalam gambar, berapa jumlah yang membaca surat kabar, membaca majalah dan seterusnya. (BI, PKn, Mat, IPS, IPA,Orkes)
12) Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi "Berbudi Pekerti" (halaman 26) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.
13)
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
§ Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
§ Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
IV.ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang Keluarga
§ Lingkungan keluarga
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses)
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Portofolio
§ Penilaian Tertulis Obyektif
§ Penilaian Tertulis Subyektif
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses) Sumber https://www.sekolahdasar.net/
0 Response to "RPP Tematik Kelas 1, Tema: Aku dan Keluargaku (10, 11, dan 12)"
Post a Comment